Dengan P3A, Penyediaan Air Irigasi Kunci Untuk Mendukung Peningkatan Produksi Pangan

Dengan P3A Penyediaan Air Irigasi

Kabupaten Ciamis, analisaglobal.com — Upaya pemerintah untuk meningkatkan ketahanan pangan melalui pertanian, perikanan dan peternakan terus ditingkatkan.

Salah satunya adalah lahan persawahan yang tentunya harus ditunjang dengan pasokan air yang tetap untuk mengairi sawah itu sendiri.

Penyediaan air irigasi untuk tanaman padi merupakan salah satu kunci untuk mendukung peningkatan produksi pangan. Penyediaan air untuk irigasi dapat diupayakan melalui peran Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A).

Baca Juga https://id.m.wikipedia.org/wiki/Wikipedia_bahasa_Indonesia

Kunci Untuk Mendukung Peningkatan Produksi Pangan

Asep Parman, selaku pengawas P3A, mengatakan melalui program BBWS Citanduy, dimana salah satu APBD provinsi bertujuan untuk mengembangkan irigasi sehingga petani di sekitarnya dapat menggunakan P3A.

“Pembangunan irigasi saat ini berdasarkan sumber air yang diambil dari Sungai Cibogo di Dusun Lenggorsari, Desa Gunungcupu, Kecamatan Sindangkasih. Luas lahan sawah yang diairi dengan program irigasi P3A adalah ±6 ha,” katanya Rabu, (1/6/2022).

Adapun ke depan, Asep berharap air lancar, dan lahan yang semula kurang produktif setelah P3A memasok air ke sawah dapat meningkatkan produktivitas, meningkatkan pendapatan petani, dan mewujudkan ketahanan pangan.

About analisaglobal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *