Kab. Garut, analisaglobal.com,- Selama Dua bulan mahasiswa unipersitas Garut berada di wilayah Desa pasirwaru limbangan dalam rangka praktek kerja lapangan (PKL), kami sangat berterima kasih kepada masyarakat desa pasirwaru walaupun dalam keadaan pandemi covid19 mereka masih bisa menerima kami ” ujar Idan maulidan selaku ketua kelompok PKL universitas Garut. Rabu (26/08/2020)

Idan juga menambahkan kalau dirinya beserta seluruh mahasiswa banyak menerima manfaat dari warga pasirwaru baik pemuda, tokoh masyarakat juga pemerintahan Desa pasirwaru, selain Itu dirinya juga bersama pengurus BUMDES Anugrah melakukan kerjasama dalam menggali potensi desa untuk dijadikan komodoti unggulan dlm usaha meningkatkan penghasilan bumdes selain mengurus dibidang BPNT, imbuhnya.

Di lain pihak ketua BUMDES ANUGRAH Asep apdar menjelaskan kalau saat ini dirinya memang baru bergerak di bidang komoditi bpnt dan destinasi religi sunan pancar yang mana menurut Asep kalau area parkir kawasan tersebut terlalu sempit dan kedepanya akan di perlebar karena lahan tersebut merupakan aset Desa yang harus menghasikan dan menciptakan lapangan kerja, jelas asep.

“Dari hasil pengelolaan bpnt melalui bumdes alhamdulillah kami sudah bisa berbagi dengan memberikan bantuan untuk para jompo, Dan saat ini BUMDES ANUGRAH tengah uji coba membuat minuman berbahan dasar jahe hasil kerjasama dengan para mahasiswa universitas Garut yang sedang melakukan PKL”, Ujar Asep

Asep jug menambahkan kalau sekarang pihaknya bersama mahasiswa sedang menunggu hasil uji lab dan ijin BPOM dan mudah-mudahan lancar, imbuhnya.

Masih menurut Asep bahwasannya untuk pengadaan bahan baku minuman jahe tersebut dirinya sudah bekerja sama dengan para petani dan sudah siap untuk di olah.

Di sisi lain asep juga sedang berusaha mengangkat seni Badawang ke tingkat provinsi karena badawang merupakan potensi untuk bumdes dan desa pasirwaru apabila dijadikan ikon wisata seni dan budaya di kecamatan limbangan.

Jajang selaku ketua BPD menambahkan bahwa bumdes anugrah bisa menggali potensi atau aset desa karena adanya dukungan dan kerjasama semua pihak, Baik lembaga, kades,karang taruna, dan tokoh masyarakat, untuk itu pihaknya berharap adanya bimbingan dan pembinaan untuk bumdes dari pihak terkait. imbuhnya.***(YM)

Leave a Reply