Kab. Tasikmalaya, analisaglobal.com,– Dalam rangka melaksanakan pembinaan dan evaluasi RT Siaga se-kecamatan jamanis, bupati tasikmalaya H. Ade Sugianto hadir langsung dalam kegiatan tersebut untuk memberikan arahan terkait pencegahan wabah covid-19 serta memberikan BOP RT siaga secara simbolis dan masker serta memberikan kartu tanda anggota (KTA) Linmas se-kecamatan jamanis yang bertempat di pondok pesantren Assa’adah desa karangsembung kecamatan jamanis kabupaten tasikmalaya. Minggu (13/09/2020).

Dalam kegiatan tersebut turut hadir juga kasatpol PP Kab. Tasikmalaya, Staff ahli bupati, ketua pelaksana (KALAK) tim gugus tugas covid-19 tingkat kabupaten tasikmalaya, seluruh unsur muspika Kecamatan jamanis, para kepala desa, PKK, RT, Linmas se-kecamatan jamanis serta santriwan dan santriwati pondok pesantren Assa’adah.

Bupati Tasikmalaya H. Ade Sugianto Hadiri Acara Pembinaan RT Siaga Covid-19 Se-Kecamatan Jamanis. Minggu (13/09/20)***Foto Dokumen (uwa)

Dalam sambutannya Bupati tasikmalaya H. Ade Sugianto menjelaskan kalau warga masyarakat harus terus menjaga kesehatan dengan melaksanakan protokol kesehatan sesuai intruksi pemerintah supaya dapat terhindar dari penyebaran wabah virus covid-19 yang semakin hari semakin bertambah, serta dirinya juga menjelaskan kalau pemerintah kabupaten tasikmalaya sudah menyiapkan beberapa rumah sakit untuk penanganan pasien yang terpapar virus covid-19. jelasnya.

Usai kegiatan Ade Sugianto juga menjelaskan kalau peran RT siaga sangat penting karena menjadi garda terdepan dalam mencegah penyebaran virus covid-19 tersebut serta rt siaga menjadi peran penting untuk masyarakat dalam mengembalikan roda perekonomian masyarakat, jelasnya.

Bupati Tasikmalaya H. Ade Sugianto. Minggu (13/09/20)***Foto Dokumen (uwa)

Lanjut Ade Sugianto bahwasanya kegiatan tersebut juga sebagai upaya pengembalian recovery ekonomi yang akan kita hadapi untuk tahun 2020 – 2021, jadi harus disiapkan perangkat pemahaman yang sama karena tidak mudah mengembalikan lagi kondisi masyarakat ke keadaan semula karena perlu kerjasama yang kuat, komitmen yang kuat serta perlu waktu, ujarnya.

“Adapun rencana kedepannya para rt siaga akan diberikan pelatihan sesuai dengan keinginan para RT siaga, kelompok masyarakat, DKM ataupun kelompok lainnya dengan cara mobile training atau pelatih datang ke desa”. jelas Ade Sugianto.

Masih menurut Ade Sugianto bahwasanya dirinya beberapa waktu lalu sudah launching 6 program yaitu tentang wakaf, kartu sakti santri, pembenahan management pondok pesantren melalui program FPP, pemberian kitab kuning untuk santri, penguatan kapasitas guru TKA, TPA, diniyyah dan guru ngaji, ungkapnya.

Sementara menurut Kepala DPMPTSP Kab. Tasikmalaya Drs. H.Nana Heryana, MM yang juga Dinas selaku pendamping RT siaga di wilayah kecamatan jamanis menjelaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan pembinaan tahap ke 2, dan menjelaskan terkait New normal atau kehidupan tatanan yang baru dengan menjaga protokol kesehatan. Ucapnya

Kepala DPMPTSP Kab. Tasikmalaya Drs. H. Nana Heryana, MM (Kiri) Bersama Camat Jamanis Winardi Hidayat, S.IP, M.Si (Kanan). Minggu (13/09/20)***Foto Dokumen (uwa)

“Bupati merasa bangga dengan adanya RT siaga maka beliau ingin bertemu langsung dengan para pejuang covid-19 untuk bisa mengucapkan terima kasih serta memberikan motivasi kepada para rt serta masyarakat supaya tidak ada lagi yang terpapar corona”.Tegasnya

Drs. H.Nana Heryana, MM juga berharap untuk para steak holder RT siaga di wilayah kecamatan jamanis dapat menjaga kesehatan dengan menerapkan protokol kesehatan dan dapat menjadi percontohan untuk kecamatan-kecamatan lainnya yang ada di wilayah Kabupaten tasikmalaya, harapnya.***(uwa)

Leave a Reply