Kabupaten Tasikmalaya, analisaglobal.com — Di usia yang ke 16 tahun Ormas Brigez Indonesia DPC Cineam Kabupaten Tasikmalaya gelar berbagi sedekah santunan yatim piatu dari hasil bank sampah sekaligus pembagian hasil nabung dari bank sampah bagi warga yang dilaksanakan di GOR Aula Desa Cikondang Kecamatan Cineam Kabupaten Tasikmalaya,” Minggu (22/08/2021).

Kegiatan pengelolaan nabung bank sampah berkah rumah tangga ini sudah satu tahun lebih berjalan dan alhamdulillah berkat adanya bank sampah berkah warga masyarakat sudah mulai rajin memilah yang mana sampah organik mana sampah non organik dirumahnya masing-masing,” ucap Midan Ilmi selaku Ketua Ormas Brigez DPC Cineam kepada wartawan.

Adapun giat santunan anak yatim ini pas dihari ulang tahun Ormas Brigez DPC Cineam yang ke 16 Tahun dengan jumlah 50 orang yang mana acara tersebut dihadiri juga oleh pihak kepala desa, BPD, Ketua MUI, tokoh masyarakat, dan Karang Taruna dengan menerapkan aturan protokol kesehatan yang ketat.

Lebih lanjut Midan, Pengelolaan Bank Sampah ini dilaksanakan dalam konteks sebagai pemberdayaan masyarakat desa dan dari hasil bank sampah kami Ormas Brigez DPC Cineam beserta anggota lainnya rutin setiap hasil penjualan sampah selalu menyisihkan untuk berbagi amal kepada anak yatim dan ditambah lagi dengan giat rutin satu bulan sekali iuran kas dari anggota yaitu Kas Brigez Peduli Sesama (KBPS) yang nantinya disalurkan lagi berbagi bagi warga masyarakat dengan menyisir ngecek ke masyarakat jikalau ada warga yang harus dibantu seperti keperluan sembako seperti beras.

Sementara itu Rosita selaku Kepala Desa Cikondang Kecamatan Cineam Kabupaten Tasikmalaya Ia berharap desa bisa proaktif dan mendukung giat positif Ormas Brigez DPC Cineam. Ketika sampah itu bisa diubah menjadi nilai rupiah, dan bisa menjadi peluang peningkatan pendapatan desa, soalnya dalam pengelolaan bank sampah berbasis desa atau sampah tuntas di desa. Sepertinya hal itu sangat memungkinkan dilakukan di setiap desa yang ada di Kabupaten Tasikmalaya,” Ungkapnya

Masih Rosita, intinya supaya tata kelola sampah yang ada di desa tertata lebih baik, lebih teratur dan lebih termanajemen, saya sangat mendorong terlaksananya program bank sampah seperti ini,” tegasnya

Menambahkan Dadan Jaenudin selaku Ketua Ormas Brigez Indonesia DPW Kab Tasikmalaya mengucapkan terimakasih terhadap Ketua MUI, Tokoh Masyarakat dan seluruh jajaran aparatur Desa Cikondang bisa bersinergi dalam hal positif pemberdayaan bagi masyarakat. Semoga kami bisa terus berkarya nyata dimasyarakat sebagaimana tufoksional kami organisasi masyarakat yg harus bermanfaat untuk masyarakat,” terangnya

Berharap di usia yang ke 16 tahun ini Ormas Brigez DPC Cineam bagi para anggota bisa lebih solid, aktif dimasyarakat terus mensosialisasikan ketika sampah itu bisa diubah menjadi nilai rupiah dan bisa menjadi peluang peningkatan Desa. Tetapi adanya bank sampah berkah ini yang terpenting adalah mendorong perubahan perilaku dan merubah mindset masyarakat dalam kebersihan.” tandasnya Midan.

Jurnalis : Day

Leave a Reply