Kabupaten Tasikmalaya, analisaglobal.com — Sekitar pukul 09.00 Wib Bapak Iwan selaku kepala wilayah Kp. Ranto desa Pakemitan kecamatan Cikatomas memberikan laporan informasi kejadian longsor kepada Babinsa Koramil 1218/Cikatomas yaitu Sertu Sopyan yang sedang melaksanakan monitoring wilayah di desa binaanya dan melaporkan Kejadian tersebut kepada Danramil 1218/Cikatomas Untuk melaporkan kejadian longsor tersebut. Jumat (02/10/20).

Babinsa Sertu Sopyan langsung berkoordinasi dengan Polsek pancatengah dan Kecamatan Cikatomas untuk melihat kelokasi kejadian dan melaksanakan pendataan dan pembersihan material lumpur yang mengenai rumah warga yaitu rumahnya bapak Dadang (51) yang beralamat di Kp. Ranto RT 02/15 Desa Pakemitan Kecamatan Cikatomas.

Menurut Babinsa dampak dari kejadian longsor tersebut untuk kerugian Korban jiwa Nihil dan kerugian Materil Dinding rumah yang terbuat dari kayu rusak ringan dan materil longsor masuk ke halaman rumah. Ucapnya

Adapun tindakan yang sudah dilakukan Babinsa dan Bhabinkamtibmas bersama pihak Pemdes dan Muspika melaksanakan pendataan rumah korban dan bersama masyarakat melaksanakan pembersihan lumpur dan puing – puing rumah dengan tetap menjaga faktor keamanan.

Dalam kegiatan tersebut Babinsa Sertu Sopyan Berpesan kepada warga masyarakat memasuki ke musim penghujan sekarang cuaca sangat ekstrim maka agar lebih berhati – hati terhadap perubahan alam saat ini dan melaporkan kejadian secepatnya.

Bencana alam tanah longsor diakibatkan karena Ulah manusia yang melakukan penebangan pohon tanpa melihat kondisi tanah dan babinsa juga memberikan arahan kepada masyarakat agar menjaga pepohononan untuk menahan longsor dan warga agar melaksanakan penanaman pohon didaerah rawan longsor.***red

Sumber : Humas Pendim 0612 Tasikmalaya

Leave a Reply