Kabupaten Ciamis, analisaglobal.com — Guna memantau kejadian-kejadian di beberapa titik persimpangan di Kabupaten Ciamis, Dishub Ciamis pasang CCTV di titik-titik persimpangan. Sehingga dengan terpasangnya CCTV tersebut guna membantu pihak kepolisian dalam mencari bukti atau fakta jika ada kejadian.

Terkait pemasangan CCTV yang ada di ruas jalan dan traffic lite yang sudah terpasang baru di 9 lokasi.

Sekdis Dishub, Ahmad Yani menuturkan pemasangan CCTV di beberapa simpang dan perempatan kita katakan efektif untuk melihat pantauan arus lalu lintas dan memantau beberapa kejadian kecelakaan, jenis pelanggaran lalu lintas.

“Salah satu contoh kejadian beberapa waktu lalu di simpang Hotel Tyara Plaza, yang mana dari hasil rekaman ada mobi truck yang bahan bakar solarnya mengalami bocor dan langsung terpantau oleh CCTV yang ada di wilayah itu. Langsung informasi tersebut dilaporkan ke pihak Damkar dan kita turun sama-sama untuk membersihkan dan mengatur arus lalu lintas agar pengemudi kendaraan bisa diarahkan ke sisi jalan yang lebih aman dan terhindar dari kecelakaan,” tuturnya, Rabu (23/6/2021).

Selanjutnya, Ahmad Yani mengatakan dari rekaman CCTV yang terpasang diharapkan bisa membantu pihak kepolisian apabila ada kejadian kecelakaan di area yang terpasang CCTV.

“Rencana kedepannya kita menginginkan ada penambahan pemasangan CCTV di simpang ruas jalan lainnya. Untuk saat ini yang belum terpasang CCTV diantaranya di ruas Cihaurbeuti, Sukamulya, Sindangkasih, Maleber, Bojong dan Cisaga,” jelasnya.

Dengan adanya CCTV yang terpasang, sangat berguna untuk memberikan informasi kepada masyarakat, pimpinan dan pihak terkait yang ada kaitannya dengan jalan.

“Kalau kita kenal 5 pilar keselamatan yaitu Bappeda dari unsur perencanaan, Kepolisian, Dishub, PU dan Pasca kecelakaan atau RS. Dari ke 5 unsur tersebut kita berdayakan tidak menutup kemungkinan pilar-pilar yang lainnya juga bisa dilibatkan. Sehingga kejadian-kejadian apapun itu bisa terpantau dan di tangani. pungkasnya.***A. Yayat H/Goez

Leave a Reply