Kabupaten Ciamis, analisaglobal.com — Menjelang hari jadi Kabupaten Ciamis ke 379 yang jatuh pada 12 Juni, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya, Wakil Bupati beserta Forkopimda di lingkungan Pemda Ciamis melaksanakan dan menjaga tradisi napak tilas dengan berziarah ke makam leluhur Galuh terdahulu.

Tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya, ziarah kali ini dilaksanakan secara sederhana dengan protokol kesehatan, pada Kamis (10/6/2021).

Rombongan ziarah seperti biasa berangkat dari Pendopo Bupati Ciamis. Awal rangkaian kegiatan dimulai pukul 08.30 WIB di makam Raden Adipati Arya Panji Jayanegara (1635 – 1678) yang merupakan Bupati pertama bertempat di makam Ciwahangan Girang Desa Imbanagara Ciamis.

Rangkaian ķedua pukul 09.00 WIB di makam Raden Tumenggung Wiradikusumah (1814 – 1819) yang merupakan Bupati ke-14 bertempat di makam Cigadung Desa Imbanagara Ciamis.

Rangkaian ziarah ketiga pukul 09.30 WIB di makam Raden Adipati Kusumahdiningrat (1839 – 1886) yang merupakan Bupati ke-16 bertempat di makam Jambansari Selagangga Ciamis.

Rangkaian ziarah keempat pukul 10.00 WIB di makam Raden Adipati Arya Kusumah Subrata (1886 – 1914) yang merupakan Bupati ke-17 bertempat di makam Sukasirna Ciamis.

Rangkaian ziarah kelima pukul 11.15 WIB di makam leluhur Astana Gede Kawali. Setiap ziarah diawali dengan do’a bersama dan tabur bunga oleh Forkopimda.

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengatakan napak tilas atau ziarah ini rutin dilaksanakan setiap tahunya dan termasuk salah satu acara inti menjelang hari jadi Ciamis. Kegiatan ziarah dilaksanakan secara sederhana dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Menurut Herdiat, napak tilas ini untuk mengenang Bupati Galuh terdahulu. Karena jasa mereka yang bisa memajukan dan mengharumkan Kabupaten Ciamis pada masa Pemerintahannya.

Sehingga bisa memotivasi pemimpin Ciamis sekarang dan masyarakat pada umumnya untuk mengikuti jejak bupati dahulu dalam memajukan Tatar Galuh Ciamis.

“Majunya Tatar Galuh saat ini tidak terlepas dari jerih payah Bupati masa lalu,” Ucapnya.

“Saat ini kita berada dalam situasi pandemi COVID-19, meskipun dilaksanakan secara sederhana. Peringatan hari jadi ke 379 Kabupaten Ciamis harus tetap memberi makna dan semangat bagi kita untuk senantiasa menghargai jasa para pendahulu kita dalam melahirkan Ciamis,” Ungkapnya menambahkan.

Diketahui perayaan hari jadi Kabupaten Ciamis tahun 2021 hanya dilaksanakan 3 kegiatan inti. Salah satunya ziarah Napak tilas ke makam Bupati Galuh, pidato Bupati Ciamis dan rapat paripurna yang dilaksanakan secara live streaming dan virtual.***A.Yayat/Goez

Leave a Reply