Kampung Bungur, Kawasan Ketahanan Pangan Bertransformasi Dari Desa Jalatrang Cipaku Ciamis

Kampung Bungur, Kawasan Ketahanan Pangan

Kabupaten Ciamis, analisaglobal.com — Melanjutkan pembangunan menuju desa mandiri, Desa Jalatrang kini menjadi salah satu desa di Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis yang sedang ditingkatkan dengan menciptakan kawasan ketahanan pangan di lahan Desa Jalatrang.

Sebuah kawasan ketahanan pangan yang juga akan berfungsi sebagai tempat edukasi dan agrowisata. Di kawasan ini, ketahanan pangan hewan dan nabati serta kegiatan pertanian masyarakat berada di kawasan yang disebut “Kampung Bungur”.

Dadi Haryadi, Kepala Desa Jalatrang, mengatakan nama Kampung Bungur diambil dari nama pohon Bungur yang konon memiliki sumber air di bawahnya.

Kampung Bungur, Kawasan Ketahanan Pangan

Dadi Haryadi – Kepala Desa Jalatrang Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis. Senin (27/06/22) AH/analisaglobal.com

“Makanya kami menyebut Kampung Bungur itu sebutan untuk daerah dengan ciri khas warna bungur (ungu), jadi warna bangunan dan bunganya berwarna bungur (ungu),” ujarnya kepada analisaglobal.com di lokasi, Senin ( 27 Juni 2022).

Baca Juga https://id.m.wikipedia.org/wiki/Wikipedia_bahasa_Indonesia

Di Kampung Bungur sendiri, kata Dadi kami ubah menjadi kawasan ketahanan pangan dengan areal pertanian, peternakan, dan perikanan. Tidak hanya itu, ini juga menjadi wadah kegiatan Kelompok Wanita Tani (KWT) dan PKK.

“Kebetulan, saya saat ini berdiri di tanah PKK yang juga memiliki tanaman obat keluarga,” katanya.

Ia berharap rencana pembangunan kita ke depan menyiapkan lahan seluas sekitar 6 hektar, tapi saat ini mengembangkan sekitar 3 hektar dulu.

“Semoga ini menjadi salah satu kawasan ekonomi kreatif bagi Desa Jalatrang dan juga meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat Desa Jalatrang,” harap Dadi Haryadi. ***A. Hidayat.

Baca Juga Jelang Liburan Sekolah, Obyek Wisata Sumber Jaya Cipaku Ciamis, Siap Memanjakan Wisatawan

About analisaglobal

Leave a Reply

Your email address will not be published.