Kabupaten Tasikmalaya, analisaglobal.com,- Pemerintah menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) Kemensos melalui kantor Pos, penyerahan BST kepada 268 KPM tersebut dilaksanakan di gedung aula Desa Cikeusal Kecamatan Tanjungjaya Kabupaten Tasikmalaya.

Penyerahan tersebut dilaksanakan hari Sabtu (17/04/2021) sejak pukul 11.00 WIB, para penerima BST sudah mulai berdatangan dan mendaftar untuk mengambil nomor antrian akan tetapi ada sedikit keterlambatan dari pihak PT Pos yang seharusnya pelaksanaan penyaluran sesuai jadwal jam 12.00 WIB tapi pelaksanaan penyaluran baru bisa dilaksanakan jam 3.00 WIB akibat keterlambatan datangnya pihak pos.

Ali Nurdin – Kasie Kesra Desa Cikeusal Tanjungjaya. Sabtu (17/04/21)***Foto Dokumen (Day)

Menurut Ali Nurdin selaku kasie kesra menjelaskan penyaluran Bantuan Sosial Tunai Kemensos Desa Cikeusal kepada 268 KPM tahap 3 dan 4 tersebut berjumlah Rp. 600.000 tiap KPM. Ini merupakan BST bulan Maret dan April 2021 dari Kemensos yang langsung disalurkan oleh petugas Kantor Pos sejumlah 5 orang. Untuk penyaluran Bantuan Sosial Tunai Kemensos tahap 3 dan 4 sekarang ada pengurangan kuota KPM yang awalnya 450 KPM sekarang menjadi 268 KPM dikarenakan adanya perbaikan data dari pihak pusat. jelasnya.

Lebih lanjut, Ali Nurdin selaku petugas kesejahteraan desa Cikeusal melakukan proses verifikasi KK/KTP asli. Selanjutnya warga yang sudah lolos verifikasi langsung masuk ke ruang aula. Setelah itu, warga mengikuti proses penyerahan sesuai mekanisme dan protap dari petugas PT. Pos.

“Setiap KPM wajib melaksanakan cek kesehatan lewat cek suhu tubuh dan juga wajib memakai hand sanitizer sebelum masuk gedung aula desa. Kemudian, warga yang datang mendapat nomor antrian sesuai kedatangan warga langsung masuk ke aula gedung desa mengambil posisi duduk”. ungkap Ali Nurdin.

Arif Rusman – Sekdes Cikeusal Tanjungjaya. Sabtu (17/04/21)***Foto Dokumen (Day)

Sementara itu Arif Rusman selaku Sekdes Desa Cikeusal menambahkan dengan adanya keterlambatan dari pihak PT pos menjadikan berkerumun bukanya mengabaikan Prokes, dari pihak pemerintah Desa Cikeusal sudah mengintruksikan dari setiap penerima KPM wajib memakai masker dan jangan berkerumun tetapi pihak KPM dari pada pulang lagi lebih baik menunggu sampai datangnya pihak PT POS. imbuhnya.

“Dengan adanya Bantuan Sosial Tunai ini, bagi penerima bantuan mudah-mudahan bisa dimanfaatkan sebaik mungkin agar bisa digunakan sesuai kebutuhan.” pungkas Arif.***Day

2 thoughts on “Pemdes Cikeusal Tanjungjaya Salurkan BST Kemensos Tahap III dan Tahap IV”

Leave a Reply