Kabupaten Ciamis, analisaglobal.com – Bantu meningkatkan kesadaran Hukum Masyarakat dimasa pandemi Covid-19, mahasiswa KKN DR SISDAMAS UIN Sunan Gunung Djati gelar sosialisasi yang mengambil Tema “Mewujudkan Kesadaran Hukum Masyarakat Yang Lebih Baik” melalui video conference bersama Pelajar dan Pemuda di Desa Margamulya, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis.

Mahasiswa yang melakukan kegiatan tersebut adalah Nandi, mahasiswa Hukum Tata Negara dari Kelompok 262. Sosialisasi dilakukan secara virtual karena permintaan kepala desa yang mengharapkan kegiatan KKN dilaksanakan secara hibrid, 30 persen secara langsung dan 70 persen secara virtual.

Sosialisasi ini dilaksanakan karena mahasiswa masih menjumpai banyak masyarakat yang belum sadar hukum, kesadaran hukum sangat diperlukan oleh suatu masyarakat. Hal ini bertujuan agar ketertiban, kedamaian, ketenteraman, dan keadilan dapat diwujudkan dalam pergaulan antar sesama. Tanpa memiliki kesadaran hukum yang tinggi, tujuan tersebut akan sangat sulit dicapai.

“Sejak Tahun 2016 Desa ini (Desa Margamulya) sudah ditetapkan sebagai Desa Sadar Hukum oleh Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat, saya berusaha berbagi sekaligus mengingatkan kembali indikator Desa Sadar Hukum” Ujar Nandi

Pembinaan Desa Sadar Hukum dilaksanakan dalam rangka penciptaan supremasi Hukum, dan upaya pemberdayaan masyarakat untuk sadar Hukum serta bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang berprilaku berlandaskan atas Hukum untuk mewujudkan kesadaran Hukum masyarakat akan Hak dan Kewajibannya sebagai warga masyarakat.

Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan setiap hari Kamis selama bulan Agustus dan diikuti oleh perwakilan pelajar, Nandi menyampaikan bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi kesadaran hukum.

“Bicara kesadaran hukum ada beberapa faktor, pertama pengetahuan tentang kesadaran hukum, kedua tentang ketaatan masyarakat terhadap hukum, ketiga yaitu sikap hukum” lanjut Nandi

Kegiatan ini sudah dilaksanakan selama tiga kali dengan tema yang berbeda, Tema Pertama Membayar Pajak Bukti Cinta Tanah Air, Tema Kedua Pendewasaan Usia Pernikahan: Perspektif Hukum (Usia Perkawinan Dalam UU Perkawinan Baru), Tema Ketiga Dampak Teknologi Informasi Terhadap Perilaku Kekerasan di Kalangan Generasi Muda.

Materi yang disampaikan dalam acara sosialisasi ini adalah bagaimana peran masyarakat untuk diberdayakan dalam meningkatkan kesadaran hukum, sehingga terwujud budaya hukum yang baik.

“Untuk menumbuhkan kebiasaan sadar hukum inilah yang menjadi tantangan dan tanggung jawab semua pihak, kami ajak pelajar disini untuk bisa minimal menyampaikan kepada keluarga dan tetangga, itu yang disebut pemberdayaan” Ujar Nandi

Budaya sadar dan taat hukum sejatinya haruslah ditanamkan sejak dini. Maka elemen pendidikan lah menjadi ujung tombak dalam menanamkan sikap dan kebiasaan untuk mematuhi aturan-aturan yang ada.

“Dengan adanya sosialisasi ini, menambah pengalaman dan pengetahuan baru mengenai Hukum, ternyata sangat luas sekali, dengan adanya kesadaran hukum ini kita akan menyaksikan tidak adanya pelanggaran sehingga kehidupan yang ideal akan ditemui.” Ujar Fauzan salah satu peserta Sosialisasi.

Dengan diadakannya KKN DR SISDAMAS ini diharapkan bisa berguna untuk masyarakat disekitar dan masyarakat mampu sadar hukum.

Jurnalis : A.Suryana/A.Yayat

Leave a Reply