Kabupaten Ciamis, analisaglobal.com — Nama kudapan tahu bulat sudah tidak asing lagi di telinga kita yang sering kita jumpai di setiap penjual yang memiliki ciri khas, di goreng dadakan, di jual Rp. 500 an. Namun yang ini berbeda dengan tahu bulat pada umumnya. Tahu bulat mini kering, dengan tekstur renyah dan gurih cocok untuk cemilan.

Produsen tahu bulat mini Astajaya milik Sahrul Andri beralamat di Dusun Ciherang, RT. 27, RW. 08, Desa Sukaraja, Kec. Sindangkasih, Ciamis, sudah terkenal ke berbagai daerah terutama di kalangan anak-anak.

Saat kami temui di rumah produksinya, Sahrul Andri mengatakan awal mula merintis usaha pembuatan tahu bulat mini sejak tahun 2017. Ketika itu sebelumnya menjadi agen pedagang tahu bulat di Kediri, Jawa Timur, lalu setelah memiliki modal, saya buka usaha pembuatan bahan baku setengah jadi tahu bulat.

Sejak itulah saya mulai belajar membuat tahu bulat mini kering untuk di produksi sendiri.

“Sejak tahun 2017 awal mula saya memproduksi tahu bulat mini, dan di jual ke warung-warung sekitar,” kata Sahrul, Sabtu (19/06/2021).

Dalam kurun waktu 4 tahun memproduksi tahu bulat mini, saya sudah mempekerjakan 25 orang karyawan dengan memberdayakan warga sekitar. Dan memperluas pemasaran hingga ke luar daerah bahkan sampai ke luar pulau Jawa.

Harga jual tahu bulat mini di bandrol Rp. 500, sehingga dapat terjangkau oleh anak-anak.

“Tahu bulat mini sudah tersebar ke beberapa daerah, diantaranya Ciamis, Tasikmalaya, Bandung, Jogjakarta, Kediri, Bangka dan Sumatera,” imbuhnya.

Selanjutnya, Sahrul menambahkan untuk saat ini kapasitas produksi menurun di akibatkan permintaan pasar agak menurun karena situasi pandemi di tambah harga kacang kedelai cenderung naik. Jangankan produksi tahu bulat mini, yang produksi tahu dan tempe pun sebagian ada yang gulung tikar akibat tingginya harga kacang kedelai.

“Kacang kedelai sebagai bahan baku utama saat ini masih tinggi, sementara harga jual tahu bulat mini ke pasar tetap harga sama Rp. 500, jadi bagaimana usaha saya mau maju ?,” pungkasnya.***A. Yayat H

Leave a Reply