Kabupaten Ciamis, analisaglobal.com – Nasi campur oncom menu klasik masakan khas Sunda ini biasanya disajikan dengan lalapan, sambel, dan lauk seperti tahu/tempe goreng, ikan asin, atau ayam goreng. Nasi yang ditanak bersama oncom ini menghasilkan cita rasa yang sangat khas dan bakal membuat siapapun ingin tambah terus.

Inilah esensi sebenar – benarnya dari masakan rumahan khas Indonesia. Sepertinya bakalan sulit ditandingi oleh masakan manapun dari mancanegara apalagi masakan bintang lima.

Bagi para penggemar kuliner di Jawa Barat tentu sudah tidak asing lagi mendengar nasi tutug oncom (TO). Untuk penikmat dan pencinta kuliner TO Enin Alf, di wilayah Kecamatan Banjarsari Kabupaten Ciamis yang penasaran dimana letak dan lokasinya berada di Jalan Raya Sindanghayu (Simpang Tiga Arah Lakbok) tepatnya di Samping Toko Obat Sari Indah, buka dari jam 09.00 WIB pagi sampai dengan 16.30 WIB sore.

Ditemui di lokasi tempat jualan Enin Alf (65)  menuturkan usaha warung makan sederhana yang dirintisnya ini sebetulnya keinginan sejak lama terlebih dirinya merupakan Ibu Rumah Tangga yang kadang – kadang membantu masak ditempat hajatan para tetangganya. Walau sudah sepuh tidak menjadi penghalang baginya untuk bisa menghidupi kebutuhan sehari – hari, Ujarnya. Rabu (16/06/21).

Selain Tutug Oncom ada juga menu lain khas masakan Sunda sesuai selera para penikmat kuliner seperti Gurame Bakar, ayam Bakar dan Goreng Ayam dadakan, ditambah varian minuman segar sebagai penambah nikmat hidangan setelah makan, tuturnya.

Saat ditemui ditempat Warnas TO Enin Alf, seorang Guru SDN 1 Emplak Kalipucang Pangandaran Asep Adung, sengaja datang dengan Anak dan Istrinya untuk membeli Nasi TO yang merupakan makanan favorit, karena dirinya seorang vegetarian, nasi TO ayam goreng diganti oleh goreng telur dadakan, ungkapnya.

Menurutnya nasi TO Enin Alf ini diketahui dari salah satu sosial media temannya yang viral belakangan ini, dirinya datang penasaran untuk mencoba kuliner tersebut, dan setelah mencoba, dirinya memberikan rekomendasi bagi para penikmat kuliner khas Sunda untuk mencoba dan dipastikan ketagihan, pungkasnya.***Driez

Leave a Reply