Bersama Warga dan Pemdes, MUI Desa Manggungsari Siap Membangun Sarana Keagamaan

Bersama Warga dan Pemdes

Kabupaten Tasikmalaya, analisaglobal.com — Untuk menunjang sarana keagamaan di wilayah Desa Manggungsari kecamatan Rajapolah, pihak MUI bersama masyarakat berinisiatif memanfaatkan tanah wakaf untuk dijadikan lahan dalam menunjang sarana keagamaan. Dengan adanya hal tersebut maka secara bergotong royong menggalang dana bersama masyarakat dan para aghnia.

UUn Abdulloh Selaku Ketua MUI Desa Manggungsari Menjelaskan, Jadi awalnya saya saking banyaknya kegiatan dari MUI Alhamdulillah dan dorongan dari masyarakat semuanya dari mulai kegiatan pengajian, kegiatan PHBI dan hari-hari Besar Islam lainnya, akhirnya saya berinisiatif ingin mempunyai sarana untuk perkumpulan atau pertemuan dalam rangka mensyiarkan agama Islam. Jelasnya.

“Kebetulan di kampung Ciinjuk mempunyai tanah wakaf pemberian dari H. Abdul Hamid yang lokasinya terletak di Kampung Cimanggung tepatnya di belakang kantor desa berdampingan dengan jalan rel kereta api, maka disitulah kami (MUI) berinisiatif bagaimana tanah Wakaf ini kita jadikan untuk sarana prasarana, dan mengenai untuk keuangan nya dari mana ? Makanya MUI berinisiatif lagi untuk kegiatan ziarah ke wali songo, akhirnya ada dana untuk pembenahan tanah wakaf tersebut,” Ungkap Uun kepada analisaglobal.com di kediaman Kepala Desa di kampung Ciinjuk Desa Manggungsari Kecamatan Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya, Jum’at (30/09/2022) sore.

MUI Desa Manggungsari Siap Membangun Sarana Keagamaan

Lanjut Dia, namun kami (MUI) pun kebingungan untuk hal dalam merapihkan sarana tersebut, akhirnya kami (MUI) mengadakan musyawarah atau kumpulan dengan para tokoh-tokoh masyarakat untuk meminta persetujuan buat mengadakan infaq kepada masyarakat. Jadi setelah diadakannya musyawarah mufakat bersama para tokoh masyarakat agar supaya merasa bertanggungjawab, jadi kalau kami berjalan sendiri yakin tidak akan berhasil, apalagi tanpa dukungan semua unsur dan para tokoh masyarakat. Tuturnya.

Tanah Wakaf yang akan di bangun untuk sarana keagamaan di wilayah Ciinjuk Dusun Cimanggung Desa Manggungsari Kec. Rajapolah Kab. Tasikmalaya. Rabu (30/09/2022). Photo Istimewa

Baca Juga https://id.m.wikipedia.org/wiki/Wikipedia_bahasa_Indonesia

“Maka dengan adanya dukungan dari semua pihak, Alhamdulillah mungkin sebentar lagi akan di laksanakan, dan rencananya untuk kegiatannya ada di kampung cimanggung belakang desa dekat rel kereta api, itu pun setelah uang infaq tersebut terkumpul, dan mengenai infaq itu tidak memaksa, silahkan berapapun itu, yang mau memberi silahkan dan yang tidak pun tidak apa-apa, jadi tidak ada paksaan dalam berinfaq, Saya berharap semoga semuanya berjalan lancar dengan adanya dukungan dari semua pihak seperti dari para aghnia, pemerintah Desa, dan masyarakat, dan mudah-mudahan partisipasi untuk bantuan nya pun ada. Tapi kalau pun tidak ada, kami (MUI) tidak memaksakan untuk itu.” Paparnya.

Uun juga menambahkan, awalnya memang mau di gotong royong kan, tetapi karena masyarakat untuk masa sekarang ada dengan kesibukannya masing-masing, maka akhirnya masyarakat membuat kesimpulan sekarang dengan cara di infaq kan, dan Alhamdulillah akhirnya di setujui bersama. Imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Desa Manggungsari Ucu Komara Awaludin menuturkan, Dengan di bangunnya lapangan sarana untuk kegiatan hari-hari besar Islam itu bisa berpusat di lokasi tersebut. Dan mengenai warga Alhamdulillah sangat antusias sekali sampai bilang mereka siap berkorban untuk membantu membuat lapang sarana ibadah untuk pertemuan tersebut. Alhamdulillah untuk pihak MUI sudah berkoordinasi dengan pihak desa, jadi pihak desa hanya mengetahui saja, jadi pihak desa menyerahkan sepenuhnya kepada Pihak MUI karena itu adalah hasil kesepakatan bersama antara tokoh masyarakat dan MUI. Tuturnya.

“Insyaallah kalau tidak ada halangan atau pun rintangan kami pihak desa mendukung penuh, karena itu untuk sarana keagamaan untuk mensyi’arkan agama, dan setelah ada nya sarana tersebut pihak desa pun akan ikut membantu dalam proses pembangunan sarana keagamaan khususnya Di Cimanggung yang sudah di bangun masyarakat.” Jelasnya.

Lanjut Kades Ucu menambahkan, saya selaku kepala desa mengapresiasi setinggi-tingginya kepada masyarakat dengan akan di bangunnya lapangan tersebut bisa berjalan lancar dan berkelanjutan, Alhamdulillah antusias warga apalagi dalam membangun di Desa Manggungsari ini. Imbuhnya.

“Saya juga selaku kepala desa menghimbau kepada masyarakat ataupun warga Desa Manggungsari, bahwa pihak MUI itu mengeluarkan kupon infaq untuk kegiatan sarana keagamaan dan mudah-mudahan infaq itu bisa berjalan sesuai harapan semuanya, Saya tidak ingin apalagi menjadi hal-hal yang tidak di inginkan, dan intinya mudah-mudahan kegiatan ini berjalan lancar dan sesuai rencana.” Pungkasnya (MAR)

Baca Juga Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto Hadiri Pengarahan Presiden Tentang Pengendalian Inflasi Daerah

About analisaglobal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *