Kabupaten Tasikmalaya, analisaglobal.com — Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tasikmalaya menggelar kegiatan Bimbingan Teknis Peningkatan Mutu Layanan KUA Berbasis IT (Information technology) bagi para Operator KUA di Kabupaten Tasikmalaya guna meningkatkan Mutu pelayanan di KUA dalam melayani masyarakat yang dilaksanakan di Hotel Fave Kota Tasikmalaya. Rabu, (21/10/20).

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tasikmalaya H. Usep Saepudin Muhtar hadir membuka acara dan sekaligus memberikan materi pada kegiatan tersebut. H. Usep hal yang pertama disampaikan selalu mengingatkan dimasa pandemi ini untuk selalu melaksanakan protokol kesehatan.

“Dimasa pandemi ini saya tak henti-hentinya mengingatkan untuk selalu melaksanakan 3 M (Mencuci Tangan, Memakai Masker dan Menjaga Jarak) baik di kantor, ketika melayani masyarakat dan ketika dalam kerumunan orang,”. Pesannya.

H. Usep mengatakan operator menjadi penanggung jawab dalam bidang administrasi, oleh karena itu penting sekali sebagai operator memahami tentang IT. Dengan adanya kegiatan ini bisa menunjang dan menambah wawasan tentang IT disingkronkan dengan kinerja Operator di KUA. Salah satunya yang berkaitan dengan IT ini yaitu yang tertuang dalam KMA No 892 Tahun 2019 terkait SIMKAH berbasis WEB, yang terkadang banyak masalah karena kurang pahamnya para operator terhadap ilmu Teknologi Informasi. Namun lanjut Usep secanggih apapun sistem yang dibangun, tidak akan efektif dan tidak berjalan sempurna tanpa didukung oleh semua pihak.” Katanya

“Selain itu dirinya menyampaikan bahwa sebagian besar pegawai operator di KUA banyak yang berstatus Non PNS. Terkait hal tersebut H. Usep berharap melalui Kasi Bimas Islam ada perhatian khusus kepada para pegawai operator dan berharap para operator ini jangan berkecil hati tetap semangat untuk melayani masyarakat dengan baik, “Kita yakin ada barokah dari keikhlasan kita melayani masyarakat,”. Pungkasnya H Usep

Kepala Seksi Bimas Islam H. Aep Saepudin yang ikut mendampingi Kepala Kantor pada kegiatan tersebut menyampaikan laporan bahwa, tujuan dilaksanakannya kegiatan ini mejadi salah satu upaya untuk mewujudkan terciptanya pelayanan prima pada Kantor Urusan Agama di Kab. Tasikmalaya. Karena semakin hari teknologi informasi semakin berkembang dan canggih, sehingga harus di aji, dipahami, dipelajari dengan baik, “sehingga kita bisa mengikuti dan bisa melayani masyarakat secara prima dengan pelayana sebaik-baiknya,”. Kata Aep.

Adapun diadakannya Bimtek ini sebagai pembinaan dan penilaian berkelanjutan kepada operator di KUA untuk memacu prestasi dan kinerja pada KUA. “Diharapkan dengan kegiatan ini baik pelayanan, prestasi kinerja kita bisa betul-betul meningkat dan betul betul melayani masyarakat secara baik,”. Harapnya.

Jumlah peserta sebanyak 39 orang dari setiap KUA yang ada di Kabupaten Tasikmalaya.” Harapnya***red

Sumber : Humas Kemendag Kabupaten Tasikmalaya

Leave a Reply