Kab. Tasikmalaya, analisaglobal.com, — Badan usaha milik desa (bumdes) di haruskan untuk lebih berkembang demi membantu dan menunjang perekonomian masyarakat serta desa, dengan begitu pemerintah provinsi melalui program bumdes juara untuk tahun 2020 sudah memberikan atau mengucurkan modal untuk 9 bumdes yang berada di wilayah Kabupaten tasikmalaya. Sabtu (15/08/2020)

Salah satu bumdes yang mendapat kucuran modal tersebut Bumdes Ligar Mulya desa karangmulya kecamatan jamanis sebesar 100 juta rupiah yang di pergunakan untuk pembangunan pamdes atau sarana air bersih yang akan disalurkan ke setiap rumah warga yang membutuhkan.

Dede Aminah selaku bendahara bumdes Ligar Mulya menjelaskan kalau bumdes yang dikelolanya memang mendapat bantuan modal dari provinsi dan dari awal pengajuan bumdes ligar mulya memang sudah merencanakan untuk pembangunan pamdes karena wilayah desa karangmulya jika musim kemarau sangat susah air bersih. Ucapnya

“karena di sini kalau kemarau susah mencari air bersih makanya kita membuat pamdes ke setiap rumah warga, dan Alhamdulillah untuk saat ini sudah dapat terlealisasikan dengan adanya bantuan dari program bumdes juara tersebut dan yang dari awal sudah berjalan total 62 rumah serta untuk yang sekarang sudah ada 51 rumah warga yang akan dipasang pipanisasi”. ungkap Dede.

Dede Aminah menambahkan kalau untuk pembayarannya nanti akan dilakukan setiap sebulan sekali sesuai dengan pemakaian yakni sekitar 1 kubik sebesar 2500 rupiah dan dari hasilnya tersebut dipergunakan untuk listrik serta pemeliharaan. imbuhnya.

Dede Aminah juga berharap kalau pamdes atau sarana air bersih tersebut kedepannya bisa bertambah lagi dan membangun lagi di setiap wilayah atau kepunduhan yang berada di wilayah desa karangmulya kecamatan jamanis, harapnya.

***(Red)

Leave a Reply