BUMDes Mandiri Desa Sukaratu Garut Kembangkan Ekowisata Situ Bagendit 2

Kabupaten Garut, analisaglobal.com, — Nama situ bagendit sudah tidak asing lagi di Jawa barat, tempat wisata yang berlokasi di Desa banyuresmi kecamatan banyuresmi Garut ini berada di pinggir jalan dan aksesnya sangat memudahkan untuk para wisatawan menuju obyek wisata tersebut.

Akan tetapi sebetulnya obyek wisata situ bagendit tersebut lokasinya terbagi dua yang mana lokasi yang baru di buka tahun 2018 berada di kampung jolok desa sukaratu masih diwilayah kecamatan banyuresmi Garut. Adapun untuk menuju lokasi tersebut menempuh jarak 1 kilometer dengan akses jalan yang mudah. Senin (26/10/2020)

Menurut Dani selaku pengelola wisata tersebut menjelaskan kalau pembukaan lahan atau tempat wisata tersebut merupakan hasil swadaya masyarakat yang bekerjasama dengan Desa serta inisiatif para tokoh masyarakat setempat. jelasnya.

“Untuk permodalan kami menggandeng BUMDES Mandiri desa sukaratu Dan alhamdulillah berjalan baik, bumdes tersebut menginvestasikan modal senilai seratus juta rupiah pada awal dibukanya obyek wisata ini”. ungkap Dani.

Ditanya tentang bantuan dari pemerintah Dani menuturkan bahwa memang pernah ada bantuan dari kementrian Desa berupa bangunan Gazebo dan wahana lainya, akan tetapi apabila tidak ada perubahan bulan depan maka akan mulai pembangunan dan pengembangan obyek wisata bertarap internasional yang bekerjasama dengan bumdes mandiri. tuturnya.

Saat ini di area wisata situ bagendit baru ada beberapa wahana saja seperti rakit, sepeda air dan wahana angsa”. imbuh Dani.

Sementara para pedagang yang berada di area wisata situ bagendit sedikit mengeluh dikarenakan pendapatan yang menurun setelah adanya Pandemi Covid-19.***Yos

About analisaglobal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *