Kabupaten Ciamis, analisaglobal.com — Bupati Ciamis Herdiat Sunarya melakukan kunjungan terhadap pasien terduga keracunan makanan di Puskesmas Banjaranyar Kecamatan Banjaranyar. Jum’at (04/06/2021).

Dalam kunjungannya Bupati Ciamis memberi dukungan moril dan berpesan agar semua pasien tertangani dengan baik dan mendorong agar masyarakat dapat memastikan makanan yang dikonsumsi bersih dan sehat.

“Ke depan masyarakat harus berhati-hati lagi dalam mengkonsumsi makanan, pastikan makanan yang dikonsumsi benar-benar bersih dan steril, ” Ucap Bupati Herdiat.

Ia menerangkan, para petugas kesehatan atau medis telah berupaya bahu membahu dalam hal penanganan masalah keracunan masal di Banjaranyar.

“Kita telah berupaya secara maksimal baik petugas medis atau petugas kesehatan semuanya kompak bahu membahu dalam menangani masalah keracunan masal ini, ” Ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Ciamis juga menyerahkan bingkisan makanan kepada para pasien korban keracunan di puskesmas tersebut.

Kepala Puskesmas Banjaranyar Ari Angga Rianto mengatakan puluhan warga sebelumnya mengeluh dgn gejala yang sama seperti mual, muntah, pusing, diare terus menerus hingga lemas kekurangan cairan.

“Alhamdulillah sampai saat ini pasien berangsur membaik, bahkan sebagian sudah diperbolehkan untuk pulang,” Ucap Ari.

Ia melaporkan, sampai saat ini terdapat 14 pasien yang dirawat di puskesmas Banjaranyar dan sebanyak 6 pasien dirawat di Puskesmas Banjarsari.

Terkait penyebab keracunan Ari menuturkan sampai saat ini hasil laboratoriumnya masih belum keluar, namun kemungkinan besar diakibatkan oleh makanan yang sama.

“Kita masih belum bisa menyimpulkan penyebab keracunan tersebut, penyebab keracunan akan diketahui setelah hasil pemeriksaan terhadap sampel makanan keluar, ” Pungkasnya.***Goez/A. Yayat H

Leave a Reply