Kota Banjar, analisaglobal.com — Pembukaan Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-111 Tahun 2021 Kodim 0613/Ciamis diselenggarakan di lapang Sangkuriang, Desa Batulawang, Kecamatan Pataruaman, Kota Banjar. Acara di lakukan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Peresmian pembukaan TMMD di lakukan oleh Walikota Banjar Dr. Hj. Ade. S.Ip, M.Si, dengan memukul Gong, Selasa, (15/06/2021).

Turut hadir dalam acara pembukaan dalam TMMD tersebut diantaranya :
1. Danrem 062/TN ( Kolonel Inf M Muchidin. S.Sos. )
2. Dandenhub Korem 062/TN ( Letkol Inf Mujiono )
3. Kasiter Korem 062/TN ( Mayor Inf Tiertona Arga )
4. Dandim 0613/Ciamis ( Letkol Czi Dadan Ramdani S,Sos, M.A.P )
5. Dandim 0609 / Cimahi ( Letkol Kav.Tody Wahyudi, ST )
6. Dandim 0610/Sumedang ( Letkol Inf Zaenal Mustofa, S.E, M.Si )
7. Dandim 0611/Garut ( Letkol CZI Deni Iskandar )
8. Dandim 0612/TSM ( Letkol Inf Aris Sutrisno, S.Ip )
9. Danyonif R 323/BP ( Letkol Inf Apriadi )
10. Pasi Intel Yonif R 301/Pks
11. Wadanyon Zipur
12. Dandenpom Garut
13. Dandenkes Garut
14. Kasdim 0613/Cms
15. Pabung Kodim 0613/Cms
16. Walikota Banjar ( Dr. Hj. Ade  S.Ip,M.Si )
17. Wakapolres kota Banjar ( Kompol Wira SH )
18. Ketua DPRD kota Banjar ( Dadang Kalyubi )
19. Kakesbangpol Kota Banjar ( Sahudi SH )
20. Kalapas Kota Banjar ( Muhammad Maulana A. MD. I.P, S.H,MSI )
21. Kadisops Lanud Wiradinata Tasikmalaya ( Mayor Lek Rianto Lismara )
22. Kasubag Keuangan Dan Aset DPM Desa Prov Jabar ( Ibu Titik Kartika, S.Ip )
23. Para Kepala OPD Kota Banjar
24. Camat sekota Banjar
25. Kades Batulawang ( Yusep )
26. Para TOGA,TOMAS,TODA
27. Hadir dalam giat Lk 97 orang.

Dalam sambutannya, Dandim 0613/Ciamis Letkol Czi Dadan Ramdani S,Sos. M.A.P mengatakan kami akan membacakan secara singkat laporan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa ke-111 tahun anggaran 2021 di Desa Batulawang, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar.

“Berdasarkan surat telegram Danrem 062 Tarumanegara nomor ST 1092.2021, tanggal 10 Juni 2021 tentang Perintah pelaksanaan operasi kegiatan TMMD ke-111 tahun anggaran 2021. Pembukaan ditetapkan tanggal 15 Juni 2021 dan penutupan pada tanggal 14 Juli 2021,” Katanya.

Dalam kegiatan TMMD dilaksanakan dengan melibatkan personil 1 SSK satuan TNI gabungan 150 orang terdiri dari kelompok Komando 15 orang, tim asistensi 25 orang yang terdiri dari satu tim penyuluh,16 orang satu tim teknis dari Dinas PU dan bidang 4 orang dan satu tim paslap dari TNI 3 orang dan Dinkes 2 orang. Untuk 1 SSK TNI 110 yang terdiri dari A. kelompok Makodim sebanyak 3 orang, Yonif Raider 301 83 orang, Danzipur 3 sebanyak 10 orang, Lanud Wiriadinata 2 orang, dan Bhabinkamtibmas Kota Banjar sebanyak 6 orang.

Obyek sasaran pertama adalah fisik yaitu sasaran pokok, diantaranya:
1. Pembangunan kirmir, dengan panjang 353 meter, lebar 30 cm, tinggi 1 meter.
2. Pembangunan jalan lapensif, dengan panjang 782 meter, lebar 2,5 cm, tinggi 30 cm.
3. Pemeliharaan jembatan Gantung, dengan panjang 60 mete dan lebar 1,2 meter.

“Sasaran tambahan pekerjaan Rutilahu (Rumah Tidak Layak Huni) 1 unit dengan target 4 unit rumah. Untuk sasaran non fisik dilaksanakan penyuluhan ceramah oleh dinas instansi yang terkait,” Jelasnya.

Walikota Banjar Dr. Hj. Ade. S.Ip, M.Si, sebelum pemukulan Gong tanda dimulainya TMMD resmi di buka, dalam sambutannya menyampaikan, ini adalah peresmian TMMD yang di lakukan oleh Dandim 0613/Ciamis yang di hadiri oleh Danrem, dan seluruh Dandim se-Priangan Timur, merupakan suatu kehormatan bagi kita bahwa kegiatan TMMD dilaksanakan serentak, walaupun kegiatan TMMD ini dilaksanakan dalam situasi pandemi, tetap kita harus produktif dalam pembangunan di segala bidang.

Masalah Vaksin, kita sesuaikan dari Bapak Presiden percepatan untuk Vaksinasi mendengar tadi malam bahwa TNI/POLRI melalui Kodim akan bersama-sama dilaksanakan dengan Dinas-dinas Kesehatan setempat untuk melaksanakan Percepatan Vaksinasi, mudah-mudahan Vaksinnya tersedia dan Insya Allah kita akan di drop melalui Dandim, dan Dandrem untuk Vaksinnya. Ini adalah jalan satu-satunya untuk memutus mata rantai Covid 19 ini,

Danrem 062 Tarumanegara, Kolonel Inf M Muchidin. S.Sos. juga memberikan sambutannya dengan menyampaikan, jadi kita dari TNI khususnya TMMD ke -111 di wilayah Kodim 0613/Ciamis di Desa Batulawang ini, sasaran yang kita kerjakan saat ini adalah Peningkatan Jalan, kemudian kirmir dan juga ada jembatan serta ada juga dari Donatur kita melaksanakan rehab rumah tidak layak huni (Rutilahu).

“Harapan kami ke depan jalan yang ada ini bisa meningkatkan kemampuan ekonomi masyarakat dalam hal distribusi perekonomian. Jembatan dan kirmir tersebut dengan tidak melebihi mungkin tonasenya, misalkan jalan kekuatannya 10 ton nah jangan sampai melebihi sehingga usia pakainya bisa lebih panjang walaupun TNI mengerjakan. Apabila tidak dirawat tentu siap pakai bisa menjadi lebih pendek. Kemudian kegiatan ini melibatkan sekitar 150 orang ya baik TNI/POLRI maupun juga dari masyarakat,” Jelasnya.

Kegiatan-kegiatan dilaksanakan selain tadi kegiatan fisik ada juga kegiatan non fisik termasuk penyuluhan-penyuluhan, pengobatan dan lain sebagainya. Tentunya bisa memberikan dampak yang positif kepada masyarakat. Untuk masalah covid selain dengan Vaksin kita juga tolong mengingatkan kepada masyarakat jangan merasa jenuh, jangan merasa gunakan masker, kemudian juga jaga jarak, kemudian cuci tangan ,itu saya saya minta tolong diperhatikan Vaksin adalah ikhtiar bukan berarti Vaksin itu akan 100%,.

“Akan tetapi dengan Vaksin, kita akan meningkatkan imun tubuh dan kita harus yakin dan jangan sampai ada anggapan bahwa Vaksin ini tidak aman. Saat ini tidak halal tidak boleh seperti itu,  kita harus yakin kepada Pemerintah, bahwa vaksin yang diberikan kepada masyarakat berarti sudah di uji klinis ya mau Sinovac, mau Asjaneka itu adalah hal baik dan sehat bagi kita semuanya buktinya kami semuanya. Dengan demikian kami menghimbau kepada masyarakat apabila dibuka program Vaksin, ini dibuka kesempatan seluas luasnya dari Pemerintah khususnya yang dibantu oleh TNI/POLRI adalah salah satu ikhtiar bagi kita untuk hidup sehat,” Pungkasnya.***A. Yayat H

Leave a Reply