Kab. Pangandaran analisaglobal.com — Persaingan dalam dunia bisnis saat ini banyak sekali ragam dan corak nya, namun di pantai Pangandaran pun tidak lepas dari persaingan baik dalam bisnis seni sekalipun, sejatinya bahwa dalam semua bisnis pasti akan ada persaingan, baik dalam bisnis kerajinan tangan pun sama atau bisnis baju pantai sekalipun sangat bersaing karena mereka banyak mencari peluang untuk bisa diterima oleh konsumen ataupun pembeli.

Salah satu art shop di pantai Pangandaran tepatnya di jalan bulak laut yaitu Dens bagus art shop yang mana banyak koleksi seni kerajinan tangan dari mulai gelang, kalung, sampai batik dan kaos pun dibuat tampil berbeda. menurut pemilik galery yaitu kang Agus Dewa yang mana beliau ini adalah anak kelahiran Garut dan di besarkan di kota Bandung, beliau sangat senang bisa berbisnis di pantai Pangandaran.

Menurut Agus Dewa bahwa berjualan atau berbisnis kerajian tangan atau seni di Pangandaran sangat tidak mudah, karena kadang kita harus sabar dan harus bisa mengatur managemen keuangan yang baik, karena kadang di Pangandaran ini tidak selama nya ramai, kadang sepi namun ketika ramai kita bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan. Ucapnya Sabtu (29/08/2020)

“Selain kita harus bisa mengatur managemen akan tetapi tidak kalah penting nya yaitu bisa membuat kerajinan yang lain dari yang lain, semisal kita bikin produk unggulan yang di tempat lain tidak ada atau yang bisa dibuat hanya satu – satunya di tempat ini”. Jelasnya

Agus Dewa Pemilik Dens Art Shop Pangandaran. Sabtu 29/08/2020. ***Foto Dokumen (A. Baron)

Adapun hasil karya lainnya yang dibuat Agus Dewa seperti baju yang di lukis langsung di media kaos dengan berbagai corak namun semua beda satu sama lain dan menurut beliau dengan sebutan limited edition yang di buat hanya satu motif saja dari satu kaos.

Menurutnya tidak akan sama motif satu kaos dengan lainnya, bahkan beliau pun mengekpresikan seni lukisnya pun dengan karya lukisan mural di pintu masuk ke tempat wisata pantai Pangandaran.

Dengan bantuan seorang temannya yaitu bapak Tonton Guntari kepala dinas DLHK di kabupaten Pangandaran yang memberi sokongan dana dari pribadinya yang mana semua demi keindahan Pangandaran semata.

Sebagai pelopor seni mural di Pangandaran beliau dengan rendah hati sangat senang bisa memberi karya seni untuk Pangandaran. Katanya

“Semoga Pangandaran nanti kedepannya bisa benar – benar menjadi tempat wisata yang mendunia dan berkelas dunia pula”. Pungkasnya.***(A. Baron)

Leave a Reply