Kabupaten Ciamis, analisaglobal.com — Sejuknya udara di ketinggian 1010 MDPL di tambah rimbunnya pohon pinus, apalagi di saat pagi hari pemandangan di bawah tertutup embun, pengunjung akan terasa seperti berdiri di atas awan. Banyaknya potensi alam khususnya di wilayah Kabupaten Ciamis jika di kelola dan dikembangkan akan menjadi salah satu sumber pendapatan daerah.

Salah satunya destinasi Puncak Asih yang berada di Dusun Seda Kidul, Desa Padamulya, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis. Puncak Asih di kelola oleh kelompok warga Dusun Seda sebanyak 16 orang berawal dari kesadaran sebagian warga untuk mengelola Puncak Asih dijadikan destinasi wisata.

 

Ujang Supriatna sebagai Ketua Pokdarwis Puncak Asih bersama 16 orang rekannya berdedikasi untuk memajukan Dusun Seda. Semula dalam proses pengelolaan Puncak Asih banyak rintangan dan hambatan terutama mayoritas warga tidak mendukungnya.Namun dengan bermodalkan kekompakan anggota dan kesadaran untuk mengelola Puncak Asih hingga terwujudnya sebuah destinasi dan resmi mendapatkan Surat Keputusan (SK) Pokdarwis Puncak Asih dari Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis.

“Meskipun banyak halangan dan hambatan, kami tetap solid untuk terus mengembangkan potensi alam yang ada di daerah kami. Pada tanggal 17 Agustus 2020 yang bertepatan dengan hari Kemedekaan RI, Puncak Asih resmi menjadi destinasi wisata yang ada di wilayah Kabupaten Ciamis,” Ujarnya Ujang saat di temui di rumahnya, Sabtu malam (20/06/2021).

Puncak Asih yang di kelola oleh Pokdarwis berada di tanah milik pribadi yang secara sukarela untuk di jadikan destinasi wisata oleh warga. Dari segala halangan dan hambatan yang pernah di hadapi, saat ini semuanya sudah lebur. Warga yang tadinya menolak pada akhirnya hampir 100% mendukung untuk lebih di kembangkan.

“Sebagian dari penghasilan pengelola Puncak Asih, kami sisihkan untuk bantuan sosial dan kegiatan umum Dusun Seda. Bahkan saat ini sebagian dana di berikan untuk pembangunan mesjid,” imbuhnya.

Irsyad Rahmatullah warga negara India yang mengunjungi Puncak Asih mengatakan suasana Puncak Asih udaranya sejuk, enak dan indah. Apalagi saat malam melihat gemerlap lampu-lampu dari ketinggian sangat indah.

“Suasananya sangat indah, enak dan sejuk, cocok untuk bersantai sambil menikmati pemandangan dari ketinggian,” pungkasnya.

Dengan pengelolaan potensi yang ada di daerah dapat di jadikan sebagai kegiatan pemberdayaan warga, menjadikan sumber mata pencaharian dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.***A.Yayat

Leave a Reply