Kabupaten Tasikmalaya, analisaglobal.com — Derasnya hujan yang mengguyur hampir di seluruh wilayah Kabupaten Tasikmalaya selama seharian mengakibatkan sejumlah wilayah terjadi bencana. sejumlah titik lokasi di wilayah Kabupaten tasikmalaya terjadi longsor dan banjir seperti di wilayah kecamatan bojonggambir, kecamatan parungponteng, kecamatan cibalong, kecamatan Cipatujah, Kecamatan Karangnunggal, kecamatan Cisayong dan kecamatan Gunung Tanjung.

Seperti di kecamatan bojonggambir tepatnya desa bojonggambir, Sertu Nurjaman Babinsa desa bojonggambir koramil 1221/Taraju menjelaskan kalau di wilayah binaannya pada hari senin (12/10/2020) tepatnya pukul 03.00 wib dan pukul 05.00 telah terjadi tanah longsor di 3 titik lokasi yang berbeda yaitu kampung puncak baros rt/rw 01/12, dusun puncak baros rt/rw 03/12, serta kampung mekar arum dusun sukawening rt/rw 01/09 dan kampung sukahurip rt/rw 02/13 dengan ketinggian rata-rata 15 meter dan panjang mencapai 15-20 meter. Ucapnya

 

Kejadian tersebut mengakibatkan Kerugian Materiil Rumah Pak Enas 63 tahun kampung Puncak baros RT 01/12, Rumah Pak Husein 50 th kampung Puncak baros RT 03/12, Rumah Pak Ipin 60 tahun kampung Mekar arum RT 01/09, Rumah Ajengan Toto 50 tahun Kampung Sukahurip RT 02/13, sementara untuk korban jiwa tidak ada atau nihil.

Sementara di wilayah kecamatan parungponteng desa cibanteng tepatnya di kampung sukasari 2 rt/rw 08/02 longsor mengakibatkan tembok rumah jebol milik warga atas nama Nana Kurniawan usia 53 tahun, kejadiannya sekitar pukul 05.30 WIB (senin, 12/10/2020).

Kapten Inf Endang Dudi selaku Babinsa desa cibanteng menjelaskan kalau longsor tersebut tidak menimbulkan korban jiwa hanya tembok rumah salah seorang warga yang tertimpa hingga jebol dan retak-retak. Jelasnya

“2 orang Babinsa beserta sejumlah masyarakat berusaha menyingkirkan material lumpur bekas longsor yang masuk ke rumah korban dengan menggunakan alat seadanya serta menghimbau supaya warga sekitar untuk berhati-hati ketika cuaca mendung.” Ujarnya

Sementara di tempat lain tepatnya di kampung batulawang rt/rw 03/02 desa setiawaras kecamatan cibalong longsor terjadi sekitar pukul 05.00 hujan yang mengguyur dari sore hari hingga pagi mengakibatkan longsor hingga menutup akses jalan kabupaten serta pergeseran tanah.

Kapten Inf Endang Dudi Danramil 1216/Cibalong menjelaskan kalau kejadian longsor tersebut tidak menimbulkan korban apapun baik itu korban jiwa ataupun korban material. Jelasnya

“Babinsa, kapolsek, satpol pp kecamatan serta perangkat desa bersama masyarakat bahu membahu membersihkan material bekas longsor supaya jalan tersebut dapat dilalui kembali.” Katanya

Sementara longsor yang terjadi di Cisayong sekitar pukul 04.00 wib yang menimpa rumah bapak Riki Sopandi (33)seorang petani yang beralamat di Kp Sukasetia RT 02/01, Desa Sukasetia Kecamatan Cisayong terjadi dibelakang rumah dengan kelebaran ±10 Meter dengan kedalaman ±15 Meter untuk Korban jiwa nihil dan Kerugian diperkirakan sekitar Rp 25.000.000.

Menurut Danramil 1207/Cisayong Kapten Inf Herlan Ramdani menyampaikan tindakan yang sudah dilanjutkan Babinsa dan Pol PP kecamatan Cisayong mendatangi lokasi untuk dijadikan bahan berita acara dan Babinsa menghimbau pada warga agar selalu waspada mengingat cuaca sekarang ini masuk musim penghujan.

Adapun akibat dari dampak Hujan deras yang mengguyur di Kabupaten Tasikmalaya sejak malam hingga pagi tadi akibatkan bencana banjir di beberapa desa yang meliputi 2 Kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya. Bencana banjir yang yang melanda di Kecamatan Bantarkalong dan Banjir bandang melanda kawasan selatan Cipatujah.

Banjir bandang melanda kawasan pantai selatan Jawa barat. juga daerah Kecamatan Bantar kalong, dan Kecamatan Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya, serta Seperti meluapnya aliran sungai cilangla di daerah Kecamatan Bantarkalong Kabupaten Tasikmalaya.

Meluapnya air dari sungai tersebut mengakibatkan beberapa kendaraan roda empat & roda dua serta pejalan kaki lumpuh sekitar sungai tergenang & mengganggu aktifitas kegiatan masyarakat sekitar.

Kapten Inf Andri Mulyono Danramil 1225/Cipatujah Danramil dengan Angggota Babinsa bersama warga melaksanakan evakuasi Jiwa dan Materiil.

Danramil dengan Angggota Babinsa memberi himbauan kepada masyarakat agar waspada menghadapi Cuaca hujan dan warga bermukim di sepanjang pinggiran DAS.

Danramil dengan Muspika dan BPBD melaksanakan Koordinasi untuk Penanganan Dampak cuaca Hujan Potensi terjadi Bencal di wil Cipatujah. Personel yang terlibat dalam evakuasi dilapangan sejumlah 21 orang dan di antara Koramil 1225/Cpt 5 orang. Polsek Cipatujah 2 orang. Aparat Desa 8 orang. dan Masyarakat 35 orang.

Adapun dari beberapa kejadian tanah longsor dan banjir di wilayah tasikmalaya selatan, memakan korban jiwa dari bencana longsor yang terjadi di Kp. Anteg hilir Desa Malatisuka kecamatan gunung tanjung kabupaten Tasikmalaya atas nama Bapak Abdul Rohman (83) seorang pensiunan guru.

Kronologis kejadian menurut Danramil 1208/Manonjaya Kapten Inf Handriyono, S.Pd mengatakan sekira pukul 03.30 WIB, disaat Tanah Longsor, Istri Korban sempat menyelamatkan diri keluar rumah lewat puing puing rumah yang sudah roboh. Korban karena sudah terganggu Pendengarannya, tidak mendengar teriakan Istri, dan akhirnya korban tertimbun oleh longsoran dan puing – puing rumah. Tandasnya***uwa

Leave a Reply