Kota Banjar, analisaglobal.com — Dalam rangka peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia, Pemerintah Daerah Kota Banjar melaksanakan renungan suci di Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa Kota Banjar, Selasa (17 Agustus 2021) dini hari sekitar pukul 00.00 WIB.

Tepat pukul 00.00 WIB, Inspektur Upacara, Kapolres Banjar AKBP Ardiyaningsih, S.I.K., M.Si., membacakan naskah renungan suci.

“Kami yang hadir pada hari ini, Selasa 17 Agustus 2021 pukul 00.00 WIB, pada upacara memperingati akan jasa-jasa para pahlawan nusa dan bangsa yang telah bersemayam di makam ini,” tuturnya.

Kapolres merinci ada sebanyak 65 pahlawan dari TNI, 2 pahlawan dari Polri, dan 2 dari warga sipil. “Jumlahnya 69 pahlawan,” ujarnya.

Kapolres mendoakan juga pahlawan yang ada di Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa.
“Saya menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keikhlasan dan kesucian kehormatan saudara-saudara sebagai pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan demi kebahagiaan negara dan bangsa,” kata Kapolres.

Lebih lanjut, Kapolres Banjar mengatakan, bahwa seluruh peserta yang hadir menyatakan sumpah dan janjinya untuk terus memperjuangkan jasa para pahlawan. “Perjuangan para pahlawan adalah perjuangan kami juga, dan jalan kebaktian yang para pahlawan tempuh adalah jalan bagi kami juga,” tutur Kapolres.

“Kami berdoa, semoga arwah para pahlawan diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa serta mendapatkan tempat yang sebaik-baiknya,” tutup Kapolres.

Upacara yang berlangsung sekitar kurang lebih 15 menit tersebut diselingi mengheningkan cipta, penyalaan obor, dan peletakan karangan di tugu pahlawan, serta pembacaan doa. Penyalaan obor oleh Kapolres Banjar disusul oleh para personel Anggota TNI-Polri menyalakan lilin diatas makam para pahlawan.

Turut hadir mengikuti renungan suci peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Republik Indonesia, diantaranya Wakil Walikota Banjar H. Nana Suryana, Dandim 0613/Ciamis Letkol Czi Dadan Ramdani, S.Sos., M.A.P., Wakil Ketua Dewan Kota Banjar Tri Pamudji, Kepala Kejaksaan Negeri Banjar Ade Hermawan, SH., M.H., Kepala Pengadilan Negeri Banjar, Sekda Kota Banjar Ade Setiana, Kepala Lapas.***Humas Polres Banjar/Red

Leave a Reply