Kota Tasikmalaya, analisaglobal.com — Sebanyak 8 orang terpilih yang merupakan perwakilan SMA/SMK/MA/Sederajat, dikukuhkan sebagai Pengurus Forum Pelajar Sadar Hukum dan Hak Asasi Manusia (FPSH HAM) Sekaligus dinobatkan sebagai Duta Hukum dan HAM oleh Kepala Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XII Kota Tasikmalaya, Dr. Abur Mustikawanto. M.Ed.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XII Kota Tasikmalaya dan Virtual dengan tetap mengikuti protokol kesehatan pandemi Covid-19, Rabu (02/06/2021).

Kegiatan Pengukuhan FPSH HAM dan Penobatan Duta Hukum HAM Kota Tasikmalaya ini dihadiri oleh Kepala Seksi Pelayanan Kantor Cabang Dinas Wilayah XII Tasikmalaya, Sub Seksi Registrasi dan Bimbingan Kemasyarakatan Lembaga Permasyarakatan Kelas IIB Tasikmalaya dan Ketua FPSH HAM Jawa Barat.

Pengukuhan dan penobatan ini bertujuan untuk membentuk generasi muda yang memiliki karakter tinggi dilandasi dengan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan yang Maha Esa. Dan juga, menciptakan para generasi muda yang taat terhadap hukum serta menjadikan forum yang bisa menjadi pelopor atau acuan bagi para pelajar di Kota Tasikmalaya.

Kepala Cabang Dinas Wilayah XII, Dr. Abur Mustikawanto, M.Ed dalam sambutan,
Beliau bersyukur atas terbentuknya Forum Pelajar Sadar Hukum dan Hak Asasi Manusia Kota Tasikmalaya serta berpesan agar FPSH HAM Kota Tasikmalaya bisa berbeda dari yang lain.

“Jika diumpamakan ketika kita naik motor gigi ketika orang lain di gigi satu atau tiga kita harus di gigi empat” Ujarnya

Dengan adanya FPSH HAM Kota Tasikmalaya diharapkan diharapkan dapat meningkatkan kesadaran Hukum dilingkungan sekolah. Untuk bisa mencapainya, dibutuhkan ketaatan terhadap hukum. Hukum yang ada tidak boleh dilanggar. Untuk itu kepada duta-duta Hukum HAM yang telah terpilih di Kota Tasikmalaya, Abur berpesan untuk senantiasa berperan aktif, baik di lingkungan sekolah maupun lingkungan masyarakat

Kepala Seksi Pelayanan Umum Kota Tasikmalaya yang turut hadir dalam kegiatan tersebut memberikan selamat kepada FPSH HAM Kota Tasikmalaya atas penobatan sebagai Duta Hukum dan HAM Kota Tasikmalaya.

“Melalui Forum ini diharapakan Pelajar Kota Tasikmalaya dapat menjadi Pelajar yang Senantiasa berkontribusi bagi pembentukan karakter yang baik di Kota Tasikmalaya” Ujarnya.

Setelah acara Pengukuhan selesai. Pengurus FPSH HAM Kota tasikmalaya menerima pembinaan dari Lapas Kelas IIB Tasikmalaya dan Ketua FPSH HAM Jawa Barat. Para Duta Hukum HAM ini dibina untuk menularkan kemampuan dan kepatuhan terhadap hukum dan HAM kepada teman-teman mereka. ***Goez

Ketua Satgas Pusinfo FPSH HAM Jawa Barat
Rinda Hadikusumah
081563394080

Leave a Reply