Kabupaten Tasikmalaya, analisaglobal.com — Kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan sangat buruk serta Kedisiplinan masyarakat dalam membuang sampah maupun limbah rumah tangga sangat kurang. Selokan yang seharusnya menjadi saluran air kini dialih fungsikan menjadi tempat pembuangan sampah oleh masyarakat sekitar sehingga sampah menumpuk di selokan.

Seperti yang terlihat di wilayah Kp. Cijami RT 025/08 Dusun Pamalayan Desa Kamulyan Kecamatan Manonjaya, Diduga Ketidaksadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan ini berakibat ketika hujan turun dengan sangat deras, yang mana selokan tersebut seharusnya menjadi saluran air sehingga saluran tidak akan bisa berfungsi dengan baik karena tersumbat oleh sampah, akibatnya sampah – sampah tersebut pun meluap sampai ke pekarangan rumah warga yang tempatnya rendah.

Selain membuang sampah pada selokan masyarakat juga membuang limbah berupa popok bayi ke selokan dan masih banyak masyarakat yang meneruskan aktivitas buruk tersebut.

Menurut Asep (49) selaku warga Kp. Pasar Munding RT 026/08 Dusun Pamalayan Desa Kamulyan yang terkena dampak menuturkan keinginannya supaya masyarakat tidak lagi membuang sampah ke selokan, dan ini perlu perhatian dari pemerintah desa setempat, agar bisa di perbaiki, dan berharap warga yang rumah nya rendah dari selokan agar bisa di tembok.” tuturnya

“Harapan kedepannya agar pihak aparat desa ataupun pemerintah desa turun tangan untuk dapat mensosialisasikan dalam membuang sampah yang benar kepada masyarakat setempat, sehingga lingkungan tersebut lebih bersih lagi dari sebelumnya.” Harapnya.***Ani/Heni

Leave a Reply