Kabupaten Tasikmalaya, analisaglobal.com — Kerajinan tangan merupakan kerajinan yang dikerjakan oleh orang-orang yang ahli (pengrajin) dan menjadi ciri khas di salah satu daerah atau wilayah. Salah satu yang menjadi ciri khas kerajinan di kabupaten Tasikmalaya adalah kerajinan tangan yang berada di wilayah Rajapolah.

Kerajinan Tangan Yang Diproduksi Oleh Balaba Handicraft (Deni Gumelar Aripin dan Istri). Foto Dokumen Istimewa

Perusahaan Balaba Handicraft yang berlokasi di Jalan Bebedahan, Rajapolah merupakan perusahaan di bidang kerajinan tangan yang berdiri sejak tahun 1982 oleh orang tua sang istri (mertua) dan sempat mendapatkan penghargaan PAKARTI dari presiden Soeharto. dari warisan turun temurun orang tua sang istri (mertua) tersebut, Deni Gumelar Aripin melanjutkan usaha kerajinan tangan yang sudah menjadi ciri khas di kabupaten tasikmalaya berupa tudung pandan atau Topi koboi yang terbuat dari bahan pandan dan di kerjakan secara manual atau tanpa memakai mesin.

Saat di wawancarai, Deni Gumelar Aripin menjelaskan kalau kerajinan yang di kelola dirinya merupakan warisan dari mertua dan sekarang dikelola bersama sang istri. Hasil dari kerajinan tersebut di kirim ke berbagai daerah atau kota bahkan ke luar negri. jelasnya.

Deni Gumelar Aripin dan Istri (Pemilik Balaba Handicraft) Usai Mengikuti Bimtek Yang Diselenggarakan DPMPTSP Kab. Tasikmalaya. Rabu (06/10/21). Foto Dok : UWA

“untuk pemasaran alhamdulillah kami sudah sampai ke luar negeri seperti Italia dan Spanyol melalui pihak ke-2 (bayer) dengan total pengiriman sebanyak 36.000 lembar topi anyaman kepang dan anyaman lancar untuk setiap PO serta untuk wilayah lokal saat ini kami sudah sampai ke Bali. akan tetapi untuk sekarang sudah hampir 2 tahun kami berhenti produksi dikarenakan adanya wabah covid-19”.ungkap Deni Gumelar.

Deni Gumelar berharap adanya pendampingan tentang usahanya dari pihak-pihak terkait karena dirinya terkendala oleh bahan baku yang cukup sulit, tidak bisanya membuat kerajinan menggunakan mesin serta terkendala dengan para pengrajin yang sudah lansia. harapnya.

Kerajinan Tangan Yang di Produksi Oleh Balaba Handicraft (Deni Gumelar Aripin dan Istri). Foto Dokumen Istimewa

“saya sangat mengapresiasi sekali kepada pihak DPMPTSP Kabupaten Tasikmalaya melalui Bidang Penanaman Modal yang sudah memberikan arahan-arahan kepada seluruh pengusaha untuk menjadi lebih baik lagi”. Pungkasnya***UWA

Leave a Reply