Kab. Garut, analisaglobal.com, — Sejak awal berdiri pada bulan agustus 2015 yang lalu lingkung seni Gema pasundan sudah banyak mengukir prestasi, Lingkung seni yang bernaung di padepokan satri pusaka ini merupakan sanggar seni yang menggeluti ragam seni mulai dari pencak silat, debus, jaipong upacar adat dan seni lainya, Bahkan dari sisi religi pun ada di lingkung seni Gema pasundan seperti marawis dan kosidah oleh ibu-ibu majlis ta’lim.

“saya termotivasi mendirikan lingkung seni sepulang dari negara thailan setelah melihat secara langsung orang bule menari jaipong, orang bule saja bisa kenapa kita selaku orang sunda asli tidak bisa”. ujar safna.

Namun sayang di balik cemerlannya prestasi yang dimiliki oleh lingkung seni ini tidak ada kepedulian atau perhatian dari pemerintah, hal tersebut di utarakan oleh Ny. Safna 38 tahun selaku pimpinan lingkung seni gema pasundan, “sampai saat ini belum ada yang namanya bentuk bantuan mulai dari pemerintah Desa sampai tingkat kabupaten, Padahal kami ini membawa harum nama Desa juga kabupaten disaat kami mendapat prestasi, seperti juara 1 pasanggiri silat se-kabupaten garut serta pernah mewakili Jawa barat dalam sebuah festival budaya se-pulau jawa serta masih banyak lagi prestasi-prestasi yang pernah kami raih, ungkap Safna.

Safna juga menjelaskan kalau untuk latihan silat pun, lingkung seni Gema pasundan masih menggunakan rekaman plasdisk Dikarenakan belum mempunyai alat akan tetapi alhamdulillah kami bisa meraih berbagai prestasi, jelasnya.

Ditanya tentang anggaran untuk setiap ada acara ibu yang juga bersuami pesilat tersebut menjelaskan kalau setiap akan tampil disuatu daerah anggotanya diangkut pake motor bergiliran, Tapi hal itu tidak mengurangi semangat dirinya untuk mengukir prestasi.

Lanjut Safna, dirinya sudah beberapa kali mengajukan permohonan bantuan alat nayaga ke pemerintah Desa melalui musdus, musdes bahkan di bahas di musrenbang kecamatan tapi hasilnya nol besar, Padahal kami ini merupakan bagian Dari Desa neglasari yang berbuat dan berprestasi melalui seni, Meski demikian lingkung seni Gema pasundan yang berasal dari kampung cicurug desa Neglasari kecamatan limbangan akan tetap mengukir prestasi walau tanpa kepekaan dan kepedulian pihak pemerintah, pungkas safna.***Yos Muhyar

Leave a Reply