Jakarta, analisaglobal.com — Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa meninjau lokasi Irigasi Alale, Provinsi Gorontalo, pada Minggu, 16 Agustus 2020. Kunjungan ini masih dalam rangka kunjungan kerja Menteri ke Provinsi Gorontalo.

Irigasi Alale terbagi dua daerah layanan yakni Kabupaten Bone Bolago yang mengaliri persawahan dengan potensi daerah yang dilayani sebesar 565 Ha dan Kota Gorontalo yang mengaliri persawahan dengan potensi daerah yang dilayani sebesar 51,15 Ha.

Dalam kunjungan ini menteri menilik kondisi pintu air di Irigasi Alale yang memang memerlukan beberapa perbaikan. Menurut Menteri, Irigasi Alale sangat berperan dalam kemajuan pertanian di dua wilayah tersebut.

“Potensinya sangat besar untuk sektor pertanian, dimana irigasi ini dapat mengairi sawah-sawah dengan cakupan yang cukup luas, untuk itu perlu segera ada perbaikan,” ujar Menteri.

Usai meninjau lokasi Irigasi Alale, Menteri dan rombongan bertolak ke Kampung Bugis untuk melihat keadaan terkini disana. Beberapa waktu lalu tanggul air di wilayah tersebut roboh dan menyebabkan banjir di Kampung Bugis.

Menteri ingin agar pemerintah setempat dapat cepat tanggap dalam memperbaiki tanggul yang jebol tersebut supaya tidak terjadi luapan air kembali.

“Semoga pembangunan tanggul tersebut dapat segera rampung, agar tidak menyebabkan banjir yang lebih luas lagi,” ujar Menteri.

Tim Komunikasi Publik
Kementerian PPN/Bappenas

Leave a Reply