Kabupaten Ciamis, analisaglobal.com — Sesuai lambang Kabupaten Ciamis tertera pohon kelapa di dalamnya, Pokdarwis Kabupaten Ciamis adakan program pengembangan tanaman pohon kelapa di seluruh Kabupaten Ciamis. Kamis (15/07/2021).

Hal tersebut, program penanaman tanaman pohon kelapa dilakukan guna meningkatkan perekonomian warga, karena tanaman pohon kelapa memiliki usia panjang dan memiliki banyak manfaat mulai dari akar hingga daun apalagi buah kelapanya itu sendiri.

Wakil ketua Pokdarwis Kabupaten Ciamis, Sandri Zulfikar mengatakan program mengembangkan tanaman pohon kelapa se-kabupaten Ciamis termasuk mengamalkan pohon kelapa yang tertuang di dalam logo Kabupaten Ciamis.

Namun untuk Pokdarwis sendiri saat ini sedang mengembangkan tanaman pohon kelapa jenis “Genjah Entog.” Jenis kelapa tersebut bisa di tanam di mana saja walaupun ditanam di pekarangan rumah, karena tumbuh pohon nya pendek.” Kata Sandri Zulfikar.

Pohon kelapa “Genjah Entog” sangat mudah dalam penanaman dan perawatannya, dari mulai tanam dalam bentuk bibit (kitri) sampai berbuah memerlukan waktu 3 – 4 tahun. Kualitas buah kelapa nya pun dapat berbuah lebat dan berukuran normal, bahkan sangat mudah dalam pemanenan karena memiliki pertumbuhan pendek.

“Pohon kelapa “Genjah Entog” tumbuhnya pendek, buahnya juga lebat dan berukuran normal seperti buah kelapa pada umumnya. Bahkan bagi yang tidak bisa manjat pun, bisa metik sendiri dengan jarak dari tanah sekitar 1 meter,” jelasnya.

Sementara itu, Camat Cihaurbeuti, Rohendi, S. Mengatakan dalam mendukung program Pokdarwis Kabupaten Ciamis kami pun ikut mengembangkan penanaman pohon kelapa. Pohon kelapa memiliki usia panjang sehingga bisa menjadi sumber pendapatan ekonomi warga dan bisa di wariskan ke anak cucu kita nanti.

“Kami mendukung program yang dilakukan Pokdarwis Kabupaten Ciamis dalam mengembangkan penanaman pohon kelapa jenis “Genjah Entog” Se-Kabupaten Ciamis,” pungkasnya.

Jurnalis : A. Yayat/A. Suryana

Leave a Reply