Kabupaten Ciamis, analisaglobal.com — PT. KAI (Kereta Api Indonesia) lakukan perawatan jembatan kereta Cirahong yang menjadi penghubung dua kabupaten yaitu Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Tasikmalaya. Selama perawatan jalur jembatan kereta Cirahong untuk sementara ditutup selama 1 bulan ke depan, karena akan dilakukan perawatan baja jembatan serta bantalan lintasan jalan kendaraan bermotor.

Selain menjadi jembatan perlintasan kereta api, jembatan Cirahong juga dijadikan sarana lalu lintas kendaraan roda dua maupun empat yang menuju Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya dan sebaliknya.

Manager Humas Daop KAI Bandung, Kuswardoyo menuturkan sehubungan hal tersebut, PT KAI mengharuskan dilakukannya penutupan jembatan cirahong khusus untuk lalu lintas kendaraan umum untuk keselamatan bersama.

“Jembatan Cirahong yang dibangun tahun 1893 sampai saat ini sudah berusia 128 tahun dan sudah berulangkali kami lakukan perawatan, termasuk perawatan mulai hari ini,” tuturnya, Kamis, (01/07/2021).

Selanjutnya, Kuswardoyo menambahkan, perawatan lintasan jembatan Cirahong ini untuk menjamin keselamatan perjalanan kereta api, karena dinilai usia jembatan yang sudah tua. Idealnya memang sudah tidak laik di fungsikan untuk lalulintas kendaraan dibawah jembatan kereta api tersebut, sehingga sangat berbahaya bagi perjalanan Kereta api dan pengguna jalan dibawah jembatan tersebut. Imbuhnya

“Akan tetapi, sementara ini penutupan hanya kami lakukan selama bulan Juli untuk perawatan, terkait kedepannya kami akan tutup permanen atau tidak tentunya tergantung juga hasil pemeriksaan dan perawatan,” jelasnya.

Jika memang sudah tidak memungkinkan untuk digunakan jalan lalulintas mobil dan lain lain maka akan kami tutup demi keselamatan operasional kereta api dan masyarakat.

“Guna keselamatan bersama, kami menghimbau agar warga masyarakat dan pengguna jembatan Cirahong untuk menggunakan jalur resmi jalan provinsi untuk menuju Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Tasikmalaya, mengingat jalur jalan Cirahong hanyalah jalur alternatif bukan jalur resmi,” pungkas Kuswardoyo.***A.Yayat H/Goez

Leave a Reply