Kabupaten Tasikmalaya, analisaglobal.com — Dalam meningkatkan kompetensi dan daya saing guru Madrasah Diniyah Takmiliyah Kabupaten Tasikmalaya, Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) Kabupaten Tasikmalaya gelar Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru Madrasah Diniyah Takmilliyah Tingkat Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2020. Kamis (15/10/2020)

Ketua FKDT Kabupaten Tasikmalaya Drs. H. Suryana, M.SI mengatakan bahwa Pelatihan ini bertujuan untuk menyongsong guru diniyah yang berdaya saing. Ia mengungkapkan bahwa dalam pelatihan ini bukan hanya meningkatkan kompetensi guru madrasah diniyah takmiliyah, akan tetapi kegiatan ini diharapkan untuk menghadapi daya saing yang sangat dinamis di Madrasah Diniyah Takmiliyah. “Pelatihan ini sebagai ajang peningkatan kompetensi guru madrasah dalam kompetisi menyongsong guru diniyah yang berdaya saing.” Kata Suryana dalam Upacara Pembukaan.

Pria yang juga menjabat sebagai Kepala Subbag Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tasikmalaya itu mengungkapkan bahwa Pelatihan ini diharapkan melahirkan guru kompeten yang profesional baik dari sisi regulasi maupun segi teknis. Kompetensi ini juga kata Suryana diarahkan kepada kompetisi yang menyongsong meningkatkan daya saing.

“Nanti akan disampaikan pemahaman kompetensi guru yang profesional baik dari sisi regulasi maupun dari segi teknis oleh Kepala Seksi PD Pontren, artinya sesuai peraturan bahwa yang diberikan NSDT adalah lembaga yang memakai buku dan kurikulum dari Kementerian Agama. Jadi apabila diniyah yang bukan sumbernya dari kemenag sebaiknya tidak diterbitkan NSDT.” Ungkapnya.

Sementara itu, dalam sambutannya. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tasikmalaya Drs. H. Usep Saepudin Muhtar, M.Pd mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini, pihaknya menyampaikan kehausannya guru Madrasah Diniyah akan kegiatan seperti ini, terlebih di masa pandemi Covid-19 ini.

“Saya ucapkan terima kasih dan apresiasi atas terselengaranya kegiatan ini. Kami sangat rindu kegiatan ini dilaksanakan jangan sampai dimusim pandemi covid 19 ini menghalangi guru untuk meningkatkan kompentensinya.” Kata Usep

Usep menyambut baik juga bahwa Kompetensi ini bisa dijadikan sebagai kompetisi. Akan tetapi kata usep berkompetisi dalam hal kebaikan, ia mengajak berlombalah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana diamanahkan dalam UU Nomor 20 Tahun 2020.

“Berlombalah dalam kebaikan, Harapan saya lulusan mandrasah diniyah menjadi output yang baik dan seorang guru harus meningkatkan strategi mengajar itu, filosofi mengajar diterapkan dan dipengaruhi oleh latar belakang pengetahuan dan pengalamannya, situasi pribadi, lingkungan, serta tujuan pembelajaran yang dirumuskan oleh peserta didik dan guru. Cipatakan pembelajaran yang menyenangkan dan pembelajaran efektif.” Pungkasnya.

Kegiatan Kompetensi Guru, FKDT yang dihadiri oleh 50 orang peserta tersebut dan dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tasikmalaya, Kepala seksi PD Pontren, Para Ketua KKDT se-Kabupaten Tasikmalaya. dalam kegiatan tersebut juga laksanakan Penyerahan Laptop dan printer secara simbolis untuk KKDT Kecamatan se-Kabupaten Tasikmalaya yaitu sebanyak 39 Paket.***red

Sumber : Humas Kemenag Kabupaten Tasikmalaya

Leave a Reply