Untuk Mendukung Program ODF, Pemdes Bangunsari Pamarican, Mendeklarasikan Sebagai Desa ODF

Untuk Mendukung Program ODF

Kabupaten Ciamis, analisaglonal.com — Untuk mendukung program Open Defecation Free (ODF) dilingkungan wilayah kecamatan Pamarican, pemerintah Desa Bangunsari Kecamatan Pamarican Kabupaten Ciamis mendeklarasikan sebagai desa ODF yang dilaksanakan di Aula Desa Bangunsari, acara dihadiri Camat Pamarican, Koramil, Polsek Pamarican, Dinkes, Kepala puskesmas kertahayu Kepala Desa, staf kader posyandu, RT, RW Dan tokoh masyarakat Desa Bangunsari. Senin (20/03/2023).

ODF adalah kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan, Pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan, sehingga untuk memutuskan rantai penularan ini harus dilakukan rekayasa pada akses ini. Agar usaha tersebut berhasil, akses masyarakat pada jamban (sehat) harus mencapai 100% pada seluruh komunitas.

Pendeklarasian ODF oleh Pemerintah Desa Bangunsari untuk terwujudnya masyarakat yang dapat berprilaku hidup bersih dan sehat.

Pemdes Bangunsari Mendeklarasikan Sebagai Desa ODF

Kepala Desa Bangunsari Subhan hadi suroso dalam sambutannya mengatakan terimakasih kepada stakeholder yang telah mendukung terlaksananya deklarasi ODF desa bangunsari dan terbebas dari buang air besar sembarangan.

Baca Juga Pengusaha Angkot, Yudi Terpilih Menjadi Ketua KKU Salawu-Tenjowaringin

“Kami ucapkan terimakasih kepada seluruh stakeholder yang telah mendukung terselenggaranya deklarasi ODF dan mudah mudahan desa kami terbebas dari buang air besar sembarangan” Ungkapnya.

Tujuan Deklarasi ODF menurut Ii Sumarni S.KM.,M.KM sebagai KKS (Ketua Kelompok Substansi) PLKKOR merangkap sanitarian ahli Muda Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis dalam sambutannya menyampaikan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui sisi sanitasi dan harapan kedepannya. Prilaku Higiene sanitasi di terapkan di Desa Bangunsari dari mulai prilaku BAB sampai pengelolaan limbah cair dan sebagainya.

“Mudah mudahan desa bangunsari menjadi desa ODF, masyarakatnya berprilaku hidup sehat dan terbebas dari buang air besar sembarangan” Harapnya

Camat Pamarican Bambang M.S.G dalam sambutanya mengucapkan terimakasih untuk Desa yang sudah mengadakan Deklarasi ODF dan Desa Bangunsari terbebas dari buang air besar sembarangan.

“Saya ucapkan terimakasih atas diselenggarakan deklarasi desa ODF desa bangunsari dan desa bangunsari bisa terbebas dari buang air besar sembarangan” Ucapnya. (Yon)

Baca Juga HUT Ke 50, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Menggelar Giat Bersih-Bersih Di Pantai

About analisaglobal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *