Wakil Wali Kota Tasikmalaya Drs. H. Muhammad Yusuf Terima Kunker Penasehat DWP Kemensos

Kota Tasikmalaya, analisaglobal.com — Wakil Wali Kota Tasikmalaya Drs. H. Muhammad Yusuf menerima kunjungan kerja Penasehat Dharma Wanita Persatuan Kementrian Sosial RI Grace Batubara. Bertempat di Gedung Kesenian Tasikmalaya.

Turut hadir, Direktur Pemberdayaan Komunitas Adat Terpencil Laode Taufik beserta jajaran, Wakil Ketua DPRD Kota Tasikmalaya H. Muslim, Ketua MUI Kota Tasikmalaya H. Ate Musodiq, Kepala Dinas Sosial, Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tasikmalaya, Jajaran Dewan Kesenian Kota Tasikmalaya, Penasehat Dharma Wanita Kota Tasikmalaya Hj. Rukmini Yusuf, Ketua Dharma Wanita Kota Tasikmalaya DR. Hj. Eva Arifah Ivan Dicksan, S.IP., M.Si. Rabu, (16/09/2020).

Kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka penyerahan bantuan dari Kementrian Sosial berupa sembako bagi penggiat seni yang terkena dampak Covid-19 di Kota Tasikmalaya. Bantuan sembako tersebut diberikan kepada 5 yayasan, antara lain Yayasan Simponi sebanyak 300 paket, Dewan Kesenian sebanyak 600 paket, Yayasan Toriqul Zanah sebanyak 644 paket, Yayasan Akhlak Mulia Utama Lil Alamin sebanyak 710 paket dan Yayasan Al Furqon sebanyak 400 paket.

Dalam sambutannya, Yusuf menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran dan bantuan yang diberikan dari Kementrian Sosial RI karena bantuan ini akan sangat dirasakan manfaatnya oleh orang-orang yang terkena dampak dari Covid-19 di Kota Tasikmalaya.

Yusuf juga menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Tasikmalaya telah menyalurkan berbagai bantuan sosial kepada masyarakat, diantaranya bansos yang berasal dari Kemensos, Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan dari APBD Kota Tasikmalaya.

“Keseluruhan bantuan yang telah kami salurkan sebesar Rp. 135.703.000.000,00 (Seratus Tiga Puluh Lima Miliar, Tujuh Ratus Tiga Juta Rupiah) yang terdiri dari Bansos APBN sejumlah Rp. 95.242.200.000,00, Bansos APBD PRovinsi Jawa Barat sejumlah Rp. 23.738.500.000,00 dan dari APBD Kota Tasikmalaya sejumlah Rp. 16.722.300.000,00.” Ujar Yusuf.

Sementara itu, Grace Batubara menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bantuan kemanusiaan bagi pihak-pihak yang belum mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat.

“Covid ini memang merubah segala aspek kehidupan kita, tidak hanya secara ekonomi tapi juga kehidupan sosial kita. Disitulah Pemerintah Pusat, khususnya kami dari Kementrian Sosial selalu berupaya bagaimana caranya agar semua itu bisa terpenuhi.” Ujar Grace.

Grace juga menyampaikan permohonan maaf apabila dalam penyaluran bantuan masih terdapat keterlambatan, dikarenakan sangat banyaknya bantuan yang harus disalurkan di wilayah Indonesia yang begitu luas.

“Kami Pemerintah Pusat terus berupaya agar masyarakat tidak terpuruk lebih jauh, tidak hanya Kementrian Sosial akan tetapi masih banyak bantuan-bantuan dari Kementrian lainnya. Jadi banyak bantuan yang kami salurkan terutama dimasa pandemi ini” pungkas Grace.***Rian/Popo

About analisaglobal

Leave a Reply

Your email address will not be published.