Puskesmas Sadananya Berikan Sertifikat Penghargaan Untuk Desa Mekarjadi ODF Terendah

Puskesmas Sadananya Berikan Sertifikat Penghargaan

Kabupaten Ciamis, analisaglobal.com — Puskesmas Sadananya menggelar Deklarasi Stop Buang Air Besar Sembarangan atau open defecation free (ODF) sekaligus pemberian sertifikat penghargaan terhadap Desa ODF Terendah, Acara tersebut digelar di aula Kecamatan Sadananya Senin, (20/3/2023).

Desa Mekarjadi salah satunya Desa di Kecamatan Sadananya yang mendapatkan Sertifikat penghargaan Desa ODF dengan nilai capaian 80%.

Kepala Desa Mekarjadi melalui Imron selaku Kepala Dusun Cimamut menuturkan, Alhamdulillah pada saat ini, kami terus memicu masyarakat untuk selalu memberikan pemahaman mengenai sanitasi, dan alhamdulillah respon masyarakat baik, mudah-mudahan kedepannya Desa Mekarjadi ingin terdepan menjadi Desa ODF bebas buang air besar sembarangan dan kami terbantu dengan program yang dicanangkan sekarang yaitu, rumah yang memenuhi persyaratan bahwa untuk sanitasi terbangun 80%.

Desa Mekarjadi ODF Terendah

“Desa sudah membuat perencanaan atau di programkan untuk tahun sekarang, akan dibangun sanitasi komunal. Kedepannya kami akan mendata seluruh masyarakat Desa Mekarjadi, semoga yang sudah d programkan bisa terlaksana sanitasi perorangan ataupun sanitasi komunal.” Tutur Imron.

Baca Juga Ratas Bareng Presiden, Kapolri Tegaskan TNI-Polri Kawal Seluruh Kebijakan di Papua

Sedangkan kata Imron, Untuk lahan sanitasi komunal lahannya ada yang dari tanah masyarakat ataupun dari tanah Pemerintahan Desa. Kalau tanah milik masyarakat kami akan membuat kesepakatan sistem MOU bahwa tanah tersebut hibah dan akan di serahkan kepada Desa, sedangkan kalau tanah desa secara otomatis bisa langsung dibangun dan kita pikirkan tentang alur pertanahan milik warga mudah-mudahan dapat tercapai dengan baik.” Katanya

Saya berharap kedepannya, Insya Alloh masyarakat akan diberikan semangat, pemahaman yang baik dengan bersosialisasi melalui pengajian ataupun pertemuan, mudah-mudahan 1- 2 tahun ke depan Desa Mekarjadi bisa tercapai 100% sehingga menjadi Desa ODF.” Harapnya.

About analisaglobal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *