Wagub Jabar Sebut Pangandaran Juga Punya Potensi Wisata Gunung

Pangandaran, analisaglobal.com — Selama ini, Kabupaten Pangandaran di wilayah selatan Jawa Barat (Jabar) dikenal dengan destinasi wisata pantainya. Meski begitu, Wakil Gubernur (Wagub) Jabar Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, Pangandaran juga punya potensi wisata gunung. Salah satunya di Desa Bojongkondang Kecamatan Langkaplancar yang merupakan kawasan perbukitan dekat dengan Gunung Singkup, gunung yang juga menyimpan sejarah tentang tokoh Islam setempat yaitu Kiai Abdul Hamid.

“Untuk diketahui, wilayah Pangandaran tidak hanya wisata bahari, pesisir, tapi juga jabali (pegunungan) pun punya potensi,” kata Kang Uu saat meninjau langsung kawasan hutan di Desa Bojongkondang, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, Kamis (29/10/20).

Uu mengungkapkan kalau Dari atas bukit, pengunjung akan disajikan panorama deretan gunung dan pepohonan hijau yang rimbun serta udara yang sejuk. Dirinya yakin jika potensi wisata gunung di Pangandaran akan dinikmati para wisatawan. Desa Bojongkondang pun rencananya akan dikembangkan menjadi salah satu Desa Wisata di Jabar. Meski begitu, Uu menegaskan bahwa fungsi konservasi atau ekologi harus diperhatikan, terutama di kawasan hutan. ungkapnya.

Selain itu, Uu juga menjelaskan kalau fungsi ekonomi juga harus didorong melalui kolaborasi pengelolaan kawasan yang bekerja sama dengan masyarakat sehingga memberikan multiplier effect bagi kelestarian kawasan sekaligus peningkatan ekonomi masyarakat setempat. jelasnya.

“Daerah ini disebut pengembangan wisata konservasi juga hutan produksi. Meski begitu tetap ada titik-titik hutan lindungnya,”. ungkap Uu.

Melalui Desa Wisata, Uu berharap ekonomi masyarakat akan berkembang, sehingga mengurangi ketimpangan ekonomi. “Orang datang banyak, wisatawan melimpah, belanja, masyarakat bisa meningkatkan ekonominya,” ujarnya.

About analisaglobal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *