Kabupaten Ciamis, analisaglobal.com — Dunia menyuguhkan keindahan dan keelokan alamnya, termasuk indahnya alam disekitaran Gunung Sawal. Aliran sungai Cibaruyan yang jernih dan bersih jika di kelola dengan baik akan menjadi salah satu destinasi yang banyak diminati.

DAM Gintung yang di kelola oleh Karang Taruna bersama Paguyuban Karomah Wali Tubuh (KAWAT) ikut tersentuh untuk melestarikan alam di sekitar. Sehingga DAM Gintung saat ini menjadi destinasi wisata sungai yang terletak di Dusun Cigintung Girang, Desa Sukamaju, Kecamatan Cihaurbeuti, Kab. Ciamis.

Spot yang di sajikan di DAM Gintung sendiri memiliki wahana air sungai yang jernih dari Gunung Sawal sehingga sangat cocok untuk pecinta wisata air.

Aliran sungai Cibaruyan yang berhulu dari Gunung Sawal dengan debit air yang pas untuk arung jeram, rifer tubing dan berenang di aliran sungai yang jernih.

Deden (19) selaku ketua Karang Taruna sebagai pengelola wisata DAM Gintung mengatakan pengelolaan wisata DAM Gintung sendriri baru di buka 2 bulan yang lalu dan di kelola oleh Karang Taruna Cikujang Girang. Kami pun dalam pengembangan wisata ini ingin berkolaborasi dengan Desa, karena bagaimanapun untuk wilayah ini masih masuk ke wilayah Desa Sukamaju.

“Wisata DAM Gintung selama ini masih dikelola oleh Karang Taruna Cikujang Girang, namun kami berharap bisa berkolaborasi dengan Pemdes Sukamaju sehingga nantinya bisa berkontribusi untuk menjadi PADes Sukamaju” ujarnya. Sabtu (25/09/21)

Selain wahana air sungai, di sekitar DAM Gintung juga ada Goa namun belum bisa di gali, yang menarik di sekitar DAM Gintung ini ada Goa dalam pohon lumayan besar dengan diameter 1,5 meter. Selain Goa juga kedepannya kami akan sajikan wisata agro dengan suasana pesawahan dan pertanian sayuran.

“Selain wahana sungai, ada juga spot Goa dan hijaunya pesawahan dan sayuran yang nantinya pengunjung bisa menikmati suasana alam pedesaan” jelas Deden

Semantara menurut Iyan Sofyan selaku Humas Pokdarwis Kab. Ciamis menambahkan wisata DAM Gintung yang baru dibuka ini akan menjadi embrio wisata baru di Ciamis Utara. Dengan sajian aliran sungai yang jernih dan suasana pesawahan yang indah akan tersaji destinasi alam yang sangat indah.

“Wisata DAM Gintung setelah kami lihat, sangat bagus dan akan menjadi spot wisata baru dengan sajian aliran sungai yang jernih dan bersih” pungkasnya.

Jurnalis : A.Yayat/A.Suryana

Leave a Reply