Kabupaten Tasikmalaya, analisaglobal.com, – Kapasitas dan tupoksi perangkat desa merupakan sebuah tatanan dan ranah yang tidak terpisahkan dari pemerintahan Desa, perangkat desa merupakan kepanjangan tangan dari kepala Desa dalam menjalankan Roda pemerintahan desa dalam mewujudkan pemerintahan Desa yang berkualitas perlu adanya dukungan dari para perangkat yang punya kapabilitas yang standar.

Untuk menunjang hal tersebut Dpk Apdesi Salawu mulai Senin-kamis Tanggal 20-24 september 2021 menggelar acara pelatihan peningkatan kapasitas lembaga pemerintahan Desa Dimana dari setiap Desa, para kepala Desa sejumlah 12 Desa mengirimkan 4 orang stafnya untuk mengikuti pelatihan tersebut. Adapun staf yang mengikuti pelatihan adalah kaur Kesra, kaur Keuangan, kaur Perencanaan dan Sekdes.

Asep Dudung kades Serang sekaligus ketua Apdesi didampingi Asep Soleh Ma’mun selaku kepala Desa Margalaksana disela-sela kegiatan menuturkan bahwa kegiatan pelatihan tersebut bertujuan untuk lebih meningkatkan kinerja para staf yang mempunyai kapasitas dan kemampuan dalam menjalankan tupoksi masing-masing sehingga akan tercipta adanya pemerintahan Desa yang memiliki perangkat yang mumpuni sehingga desa menjadi berkualitas dalam menjalankan roda pemerintahannya. tuturnya. Senin (20/09/21).

“Adapun dana yang di gunakan dalam kegiatan tersebut bersumber dari Dana Desa. kami juga berharap setelah adanya pelatihan tersebut kemampuan perangkat akan lebih meningkat”. ungkap Asep Dudung.

Sementara itu Suharyono selaku pendamping Kabupaten yang juga sebagai tutor mengungkapkan bahwa kegiatan pelatihan tersebut atas proposal atau pengajuan dari para kepala Desa yang mana setelah adanya kegiatan tersebut akan tercipta staf atau perangkat yang mandiri. Ungkap Suharyono.

“contoh kecil ketika dana Desa di gunakan untuk infrastuktur jalan rabat beton maka pembuatan RAB dan SPJ tidak akan sulit lagi. mudah-mudahan mereka bisa cepat menyerap materi yang kami sampaikan”. Pungkasnya.

Adapun acara pelatihan tersebut digelar di aula kantor desa Neglasari Kecamatan Salawu dan dibuka oleh camat Salawu Drs. Ade Rona, M.si,

Jurnalis : Yos Muhyar

Leave a Reply