Kabupaten Ciamis, analisaglobal.com — Dengan banyaknya destinasi wisata di setiap desa di Kabupaten Ciamis, Pokdarwis Kabupaten Ciamis bersama team analisaglobal.com kunjungi Goa Barokah bertempat di Dusun Malabar, Desa Sidamulih, kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis. Sabtu (03/07/2021).

Goa Barokah pada zaman dahulu menurut pemaparan Hj. Cicih Handritin. S.Sos.I. M.Pd, Goa Barokah merupakan Petilasan para leluhur jaman dulu atau istilah sunda di sebut tempat “panglinggihan”.

“Di Goa Barokah itu dulunya jadi tempat panglinggihan/petilasan Prabu Siliwangi, Presiden RI pertama Bung Karno, Ratu Laut Kidul dan di dalam goa tersebut ada buku setebal 50 cm, namun keberadaannya tidak di ketahui karena bersifat astral,” paparnya.

Selanjutnya, Hj. Cicih Handritin menjelaskan tentang silsilah Goa Barokah, ketika jaman dulu di Goa Barokah pernah ada orang yang menderita sakit dan meminta petunjuk untuk penyembuhannya.

“Saat mediasi di Goa Barokah orang yang sakit itu mendapatkan petunjuk untuk penyembuhannya harus melakukan pengobatan dari sumur yang bermata air sebanyak 7 mata air, sambil membaca ayat Al-Qur’an yaitu surat Tabaraq. Dengan wasilah nya air tersebut, orang yang sakit menjadi sembuh,” jelasnya.

Hj. Cicih Handritin menambahkan bagi yang akan melakukan ziarah ke Goa Barokah harus beritikad baik, dan sebelum memasuki Goa Barokah harus mengumandangkan adzan dulu.

“Saya berharap kedepannya Insya Allah antara pengurus Pokdarwis dan Ma’had Nurul Hidayah bersinergis untuk mengembangkan wisata religi dan wisata alam,” pungkasnya.

Jurnalis : A.yayat H/A. Suryana

Leave a Reply