Kabupaten Ciamis, analisaglobal.com — Sumur bermata air tujuh (7) di Dusun Malabar, Desa Sidamulih, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis konon memiliki karomah yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Khasiat dari sumur yang memiliki 7 sumber mata air yang mengalir tersebut menurut warga dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit karena air dari sumur memiliki karomah.

Menurut cerita dari Ibu Hj. Cicih Handritin, S.Sos.i. M.Pd. Bahwa sumur terebut dulunya bekas rapat atau berkumpul para wali. Sehingga oleh warga air tersebut dapat di jadikan wasilah atau obat untuk menyembuhkan penyakit.

“Dengan keyakinannya atas keagungan Allah SWT, ketika Hj. Cicih Handritin mendidik 200 orang santri dalam keadaan sakit semua. Dengan wasilah dari air yang diambil dari sumur tersebut dapat menyembuhkan 200 orang santri,” ujarnya, Sabtu, (03/07/2021).

Bahkan saat ini di musim pandemi warga sekitar dengan wasilah meminum air karomah dapat sedikit sembuh. Lokasi sumur karomah tersebut berada di lingkungan pesantren Nurul Hidayat yang di kelola oleh Ibu Hj. Cicih Handritin.

Selanjutnya, Hj. Cicih Handritin menambahkan kedepannya memiliki rencana untuk membuka wisata religi dan sejarah. Karena sumur karomah tersebut memiliki histori spiritual yang kental dimasa wali songo dalam menyebarkan agama Islam.

“Kedepannya saya akan membuka wisata religi dan sejarah supaya masyarakat luas lebih mengenal sejarah dan dapat menggali potensi daerah menjadi berkembang,” pungkasnya.

Jurnalis : A.Yayat/ A. Suryana

Leave a Reply