Kabupaten Tasikmalaya, analisaglobal.com,– Manusia Listrik (Iron Man) ternyata bukan hanya ada di dalam dunia film saja, akan tetapi memang ada di dunia nyata, salah satunya seperti Bapak Ilyas (50) warga Kampung Ciawi RT 30/004 Kepunduhan Tegal Panjang Desa Sukanagara kecamatan Tanjungjaya Kabupaten Tasikmalaya yang memiliki kelebihan dan bisa dibilang sebagai manusia listrik.

Babinsa Desa Sukanagara Peltu Hudi Handriyanto saat mendampingi analisaglobal.com berkunjung ke rumah pak Ilyas manusia listrik. Sabtu (10/07/2021). Foto Dok : Ade/Edwin

Saat analisaglobal.com berkunjung ke rumahnya bersama perangkat desa Sukanagara dan Babinsa Desa Sukanagara Peltu Hudi Handriyanto, Ilyas mengatakan bahwa kalau dirinya memiliki kelebihan tersebut semenjak kecil, berawal waktu beranjak remaja dirinya sempat merasa kaget karena sewaktu bekerja di suruh membetulkan Genset/Diesel ternyata sewaktu memegang aliran listrik tidak apa-apa. Ungkapnya. Sabtu (10/07/2021).

“Setelah saya tahu, saya kembali mencoba sewaktu bekerja diluar kota, karena saya bekerja sebagai kuli bangunan, disitu saya mencoba kembali untuk memasang instalasi dan disitu saya baru tahu ternyata aliran listrik tidak apa-apa pas dipegang.” Jelas Ilyas.

Bapak Ilyas manusia listrik saat memperlihatkan keahliannya menyalakan sepeda motor. Sabtu (10/07/2021). Foto Dok : Ade/Edwin

Lebih lanjut Ilyas menuturkan, hanya saja kalau sekarang karena mungkin faktor usia sehingga jadi banyak ketakutan, ditambah setahun kebelakang saya pernah tersambar petir sewaktu pulang dari kebun dan alhamdulillah tidak apa-apa hanya saja kedua kaki mati rasa beberapa jam, dan dengan kejadian tersebut untuk memegang listrik bertegangan tinggi mungkin sekarang agak was-was. tuturnya.

“Seperti barusan alhamdulillah pas pegang arus listrik motor masih menyala, padahal kan kalau motor arus listriknya lebih tinggi.” Ujar Ilyas kepada analisaglobal.com.

Ilyas juga menerangkan, dari kelebihannya tersebut sekarang ini digunakan untuk membantu masyarakat, seperti dengan pengobatan terapy listrik, untuk memijat orang stroke dan penyakit lainnya. Mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi orang lain walaupun hidup kami penuh keterbatasan, akan tetapi untuk membantu tanpa batas. tandasnya.

Bapak Ilyas manusia listrik saat melakukan terapi listrik dengan cara memijat Babinsa Desa Sukanagara Peltu Hudi Handriyanto. Sabtu (10/07/2021). Foto Dok : Ade/Edwin

Dilain pihak menurut kepala Desa Sukanagara Oih Sugianto mengatakan dengan adanya warga yang mempunyai kelebihan sebagai manusia listrik tersebut memang bukan hanya Pak Ilyas saja, tetapi ada juga yaitu Pak Usman (Uus) yang beralamat di Kampung Bulakan RT 003/005 Kepunduhan Ciheras Desa Sukanagara juga sama memiliki kelebihan seperti pak Ilyas atau manusia listrik. Ucapnya.

“Saya juga pernah datang ke pak Ilyas dan Pak Uus, dan mencoba dipijat, dan memang ada manfaatnya ketika mencoba terapi pijat listrik tersebut.” Jelas kades Oih.

Oih Sugianto – Kepala Desa Sukanagara. Sabtu (10/08/2021). Foto Dok : Ade/Edwin

Oih juga berharap dengan adanya kelebihan warganya tersebut semua pihak dapat memberikan perhatian dan bantuan kepada Pak Ilyas ataupun Pak Uus, sehingga nantinya bisa terfasilitasi dalam menyalurkan bakatnya, apalagi dalam pengobatan terapi dalam membantu warga. Pungkasnya.

Jurnalis : UWA

Leave a Reply