Kab. Tasikmalaya, analisaglobal.com — Kegiatan lapangan tatap muka dalam melakukan Sensus Penduduk 2020 resmi diluncurkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Tasikmalaya melalui acara “Kick Off Sensus Penduduk September 2020” bertempat di Kantor BPS Kabupaten Tasikmalaya. Rabu (02/09/2020).

Turut Hadir dalam Acara ini Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Drs. Rudi Sonjaya Saehuri, M.Pd, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tasikmalaya Dra. Hj Wini M.Si, Kepala Bidang Ekonomi dan Sumber Daya Alam (BAPPEDA) Fityan Aonillah, S.Hut, M.T, M.Sc dan tamu undangan lainnya.

Kepala BPS Kab. Tasikmalaya Ir. Djoni mengatakan “kick off sensus penduduk di Kabupaten Tasikmalaya akan dimulai dari tanggal 1 – 30 September 2020. Sedangkan petugas sensus penduduk yang sudah dibentuk oleh BPS Tasikmalaya ini akan diturunkan ke masyarakat mulai 1 – 15 September 2020,” paparnya.

Petugas BPS akan melakukan pencacahan penduduk secara langsung untuk melengkapi SP2020 secara online pada Februari-Mei 2020 yang sebelumnya sudah dilakukan. Ciri-ciri dari petugas Sensus Penduduk seperti memakai tas punggung, rompi, tanda pengenal, dan surat tugas menjadi atribut wajib. Selain itu, petugas juga menggunakan protokol kesehatan.

Kepala Diskominfo Kab. Tasikmalaya Drs. Rudi Sonjaya Saehuri, M.Pd mengungkapkan, melalui Sensus Penduduk 2020 dapat menghasilkan data parameter demografi, proyeksi penduduk serta indikator Sustainable Development Goals (SDG’s) sebagai landasan untuk membuat kebijakan pemerintah di berbagai bidang. Ucapnya

“Melalui evaluasi dan sosialisasi tersebut kedepan pemerintah melalui BPS dapat mewujudkan satu data kependudukan yang valid. Sehingga data yang dimiliki Disdukcapil sinkron dengan data BPS”. pungkasnya.***(Juse/Yos)

Leave a Reply