Kabupaten Tasikmalaya, analisaglobal.com, – Dalam rangka memperingati HUT RI KE 76, pemerintah daerah Kabupaten Tasikmalaya laksanakan upacara pengibaran bendera merah putih yang menjadi lambang kebanggaan Warga Negara Indonesia yang bertempat di lapangan upacara komplek perkantoran (GEBU) halaman belakang Sekretariat Daerah. selasa (17/08/2021).

Dalam sambutannya bupati Tasikmalaya Ade Sugianto menjelaskan kalau para orang tua harus menyampaikan kepada generasi muda agar tidak lupa diri, agar tahu siapa mereka serta agar mereka tahu bahwa kita sekarang bisa bebas atau merdeka karena ada mereka yang sudah berkorban. Dengan merah putih kita bisa bermimpi setinggi langit serta dapat menguasai dunia. maka dari itu kita selaku generasi penerus harus memelihara Indonesia yang telah mereka perjuangkan dengan pupuk dan darah-darah mereka. jelasnya.

Bupati Ade Sugianto mengatakan kalau hari ini kita semua bisa berdiri sebagai sebuah bangsa yang berdaulat. Tugas kita hanya menegakkan kepala, membusungkan dada, angkat tangan, tundukan kepala kepada Allah SWT, dan syukuri kemerdekaan ini. Merah putih bukan mainan, bukan sekedar warna, diperjuangkan dengan darah, diperjuangkan dengan nyawa.

“Kepada para penegak hukum, tugas saudara-saudara sekalian bukan hanya sekedar pangkat dan kedudukan, tetapi kawal Indonesia ini dengan hukum yang baik dengan hukum yang benar agar setetes darah pahlawan tersebut tetap mengalir. Semangatnya untuk menuju Indonesia yang adil, makmur dan sejahtera. Kepada para guru, para pendidik, didiklah anak-anak kita agar tidak menjadi generasi yang tidak tahu diri agar tidak menjadi generasi yang tidak tahu berterima kasih. Agar tidak menjadi generasi nyinyir yang hanya mencela”. ungkap Bupati Ade.

“Tugas kita jauh lebih berat, karena menghadapi bangsa sendiri. maka pada kesempatan ini di hari kemerdekaan ini kita persatukan bangsa ini dalam persatuan yang sama-sama kita rekatkan dalam perekatan yang sama”. tegas Bupati Ade.

Lanjut Bupati Ade, mari kita derapkan langkah kita bersama-sama sebagaimana derapnya langkah pahlawan kita. Hari ini musuh kita adalah kebodohan dan kemiskinan, serta Covid-19. oleh karena itu Mari kita sama-sama pelihara bangsa ini dengan memelihara diri kita sendiri. Tetap kobarkan Indonesia merdeka, tetap kobarkan Indonesia bersatu. Mudah-mudahan Allah SWT memberikan kekuatan lahir batin kepada kita sekalian untuk terus berjuang dan mengisi kemerdekaan ini. Semoga kiranya Allah Swt jadikan negeri ini adil, makmur dan sejahtera. lanjutnya.

“Dengan segala ketulusan hati, saya atas nama pribadi dan atas nama Pemda Kabupaten Tasikmalaya, menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh lapisan masyarakat di mana pun berada, yang selama ini telah bahu membahu, bergandeng tangan membangun Kabupaten Tasikmalaya sesuai kapasitas masing-masing. Serta kepada seluruh Aparatur Negara baik Sipil, TNI/Polri atas segala pengabdiannya dalam melayani masyarakat Kabupaten Tasikmalaya. Mudah-mudahan segala jasa dan karya nya menjadi amal soleh di hadapan Allah SWT”. Ujar Bupati Ade Sugianto.

Bupati Ade Sugianto menyampaikan, Kabupaten Tasikmalaya yang kita cintai saat masih dihadapkan dengan berbagai ujian dan problematika kehidupan sosial kemasyarakatan khususnya dalam menghadapi situasi pandemi covid 19. Berdasarkan penilaian dari Pemerintah Pusat, Kabupaten Tasikmalaya saat ini masuk dalam level 2 Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) wilayah Jawa dan Bali, serta mendapat apresiasi langsung dari Presiden RI sebagai salah satu daerah acuan yang berhasil dalam penanganan covid-19 di tanah air. Bupati menekankan, upaya penanggulangan pandemi covid-19 yang harus menjadi perhatian utama adalah dengan menerapkan protokol Kesehatan dimanapun, kapanpun dan dalam situasi apapun. tegasnya.

“Kita patut bersyukur atas pencapaian tersebut, yang tentunya diperoleh atas kerja sama semua pihak. Namun kita juga jangan sampai lengah apalagi terlena karena ancaman covid-19 belum sepenuhnya selesai. Tetap ikuti petunjuk dari Pemerintah dengan terus menerapkan protokol kesehatan/ 5m memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas,” ungkap Bupati.

Lebih lanjut, Bupati mengatakan bahwa Pemda Kabupaten Tasikmalaya semenjak awal pandemi covid 19 ini meyakini bahwa semangat gotong royong akan menjadi modal utama dalam upaya penanganan covid-19. Dimulai dari ikhtiar pembentukan Satuan Tugas (Satgas) tingkat Kabupaten hingga di level terkecil yang kita kenal dengan RT Siaga, yang di dalamnya melibatkan seluruh elemen dan komunitas masyarakat. selain itu pihaknya membentuk Satuan Tugas Santri Siaga di pondok-pondok pesantren, karena pihaknya menyadari para Alim Ulama memiliki peran dan andil yang besar untuk memberikan pencerahan dan penyadaran kepada masyarakat luas akan pentingnya kesehatan dan keselamatan. selain itu juga Bupati Ade Sugianto dalam waktu dekat akan membentuk Satuan Tugas baru yaitu Satgas Milenial dengan sasaran utama komunitas remaja dan kaum muda. Harapannya dengan semakin banyak pihak yang terlibat maka penanganan covid-19 di Kabupaten Tasikmalaya ini akan berjalan semakin cepat dan efektif. imbuh Ade Sugianto.

“Selain itu tentunya kita terus mendorong upaya-upaya pemulihan ekonomi daerah agar dapat berjalan seperti sediakala. Pusat-pusat perekonomian masyarakat kita dorong kembali menjalankan aktivitas ekonominya untuk terus bergerak agar produktivitas dan pendapatan masyarakat kembali naik serta mendapatkan kehidupan yang layak”. tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, dilaksanakan penyerahan Tali Asih dari Bupati Tasikmalaya kepada Ketua DHC’45, Ketua LVRI, Ketua Pepabri, dan Ketua Warakawuri. Serta dilaksanakan penyerahan piagam penghargaan kategori “Dukcapil Bisa” dari Menteri Dalam Negeri RI kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kab. Tasikmalaya sebagai apresiasi atas kinerja terbaik, dedikasi yang tinggi, dan komitmen serta konsistensi dalam mengemban dan menjalankan tugas memberikan pelayanan administrasi kependudukan tahun 2020. Dilakukan pula penyerahan Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) dari Kepala Disdukcapil kepada Bupati Tasikmalaya.

Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 Tingkat Kabupaten Tasikmalaya tersebut dihadiri para Sesepuh, Tokoh Pejuang, Legiun Veteran di lingkungan Kabupaten Tasikmalaya, Wakil Bupati H. Cecep Nurul Yakin, Forkopimda, Sekretaris Daerah Mohamad Zen, para Kepala SKPD, Ketua TP PKK Dharma Wanita Persatuan Gabungan Organisasi Wanita Kabupaten Tasikmalaya, Tokoh Masyarakat, Alim Ulama, dan tamu undangan lainnya.***Diskominfo Kab. Tasikmalaya/Red

Leave a Reply