Kabupaten Tasikmalaya, analisaglobal.com,– Turunnya anggaran bantuan keuangan (Bankeu) ke setiap desa melalui Aspirasi Dewan bagaikan makanan siap saji bagi sebagian masyarakat penerima manfaat dari program tersebut, salah satu Desa penerima Dana aspirasi atau Bankeu tahun anggaran 2021 adalah Desa Sukanagara Kecamatan Tanjungjaya.

Adapun besar anggaran yang di terima oleh Desa Sukanagara sebesar 170 juta rupiah, anggaran tersebut di alokasikan untuk pembangunan jalan lingkungan sebanyak 4 titik dan pembangunan 1 lapang bola voli.

Dalam pelaksanaan proyek tersebut diserahkan kepada tim pelaksana kegiatan (TPK) desa Sukanagara, ada yang menarik dalam pelaksanaan proyek tersebut, dimana pembuatan papan proyek terkesan asal jadi. Hal tersebut terlihat di lokasi pembangunan lapang Bola Volley, papan proyek dibuat tidak semestinya, dalam papan proyek tersebut nominal anggaran dan sumber dana tidak tercantum alias kosong.

Saat Tim analisaglobal.com mempertanyakan hal tersebut kepada Jajang selaku TPK melalui telepon selular, dirinya mengungkapkan bahwa pihaknya tidak mengetahui tentang proyek tersebut dikarenakan tidak pernah di libatkan. ungkapnya.

Hal senada di lontarkan Asep selaku LPM Desa Sukanagara, dirinya mengaku tidak di beritahu tentang adanya proyek aspirasi tersebut, menurutnya sebelum pelaksanaan seharusnya ada rapat terlebih dulu agar tidak terjadi salah paham. ujar Asep.

Sementara saat ditemui di ruang kerjanya, Oih Sugianto selaku kepala desa menjelaskan kalau dirinya sudah memerintahkan kepada panitia untuk membuat papan proyek sesuai dengan peruntukan dan di setiap titik, hal itu di ungkapkan Oih Sugianto saat tim analisaglobal.com mendapatkan keberadaan pembangunan jalan lingkungan yang tanpa papan proyek.

Dengan adanya hal tersebut, diduga pihak pemerintah desa, pemerintah kecamatan serta pendamping lalai atau tidak bekerja sesuai tupoksinya.***Tim

Leave a Reply