Kabupaten Ciamis, analisaglobal.com — Ketua Umum Pokdarwis Kabupaten Ciamis sampaikan pentingnya sinergitas antara penggiat wisata dengan Pemerintahan Desa (Pemdes), hal itu di sampaikan dalam acara sarasehan Pokdarwis se-Kabupaten Ciamis, bertempat di wisata Cireong, Senin, 6 September 2021.

Untuk saat ini Pokdarwis yang terdaftar di Kabupaten Ciamis sudah 89 Pokdarwis baik yang sudah memiliki SK (Surat Keputusan) Dinas Pariwisata maupun belum.

Pokdarwis Kabupaten Ciamis merupakan penggerak dan penggiat wisata yang ada di Kabupaten Ciamis. Sebagai legalitasnya Pokdarwis akan mendapatkan SK dari Dinas Pariwisata untuk menunjang jalannya pengelolaan destinasi.

Eko Andriyanto selaku Ketum Pokdarwis Kabupaten Ciamis mengatakan dalam acara sarasehan bersama Pokdarwis se-Kabupaten Ciamis mengatakan pentingnya sinergitas antara pengelola wisata dengan Pemdes nya. Oleh karena itu jika di suatu Desa terdapat destinasi yang dikelola oleh penggiat maka organisasi legalnya harus dibentuk Pokdarwis.

“Ini penting, Pemdes yang di daerahnya memiliki destinasi diharuskan membentuk Pokdarwis. Tidak hanya itu, Pemdes pun diperlukan sinergitas antara Pokdarwis dan Pemdes sehingga di Desa itu sendiri terdapat BUMDes yang bisa bekerjasama dengan Pokdarwis”, kata Eko Andriyanto, Senin lalu (6/9/2021).

Selanjutnya, Ketua Umum Pokdarwis tersebut menjelaskan bahwa setiap Desa yang saat ini dituntut untuk mengembangkan wilayahnya menjadi Desa Wisata, maka harus mendukung segala bentuk kegiatan yang dilakukan oleh penggiat wisata baik yang belum terbentuk atau belum terbentuk Pokdarwis.

“Dalam kegiatan yang dilakukan oleh penggiat wisata di tiap-tiap Desa, maka Pemdes harus merangkul dan bersinergi supaya terbentuknya Pokdarwis sebagai legalitas yang memiliki payung hukum yang kuat”, jelasnya.

Jurnalis : A.Yayat/A.Suryana

Leave a Reply