Kabupaten Sumedang, analisaglobal.com — Setelah melakukan pertemuan dengan Bupati Sumedang di Gedung Negara, Putri Wakil Presiden RI (Ma’ruf Amin) langsung mengunjungi Museum Prabu Geusan Ulun yang lokasinya bersebelahan dengan Gedung Negara Sumedang. Senin, (31/05/2021).

Kunjungan tersebut diterima langsung oleh keluarga besar Yayasan Pangeran Sumedang (YPS). Pada kesempatan ini keluarga besar YPS membahas Sejarah Singkat Museum Prabu Geusan Ulun atau lebih dikenal Museum Srimanganti dan silsilah raja – raja Sumedang.

Seperti yang diketahui bahwa KH. Ma’ruf Amin masih merupakan silsilah keturunan leluhur Sumedang yaitu generasi ke-14 dari Prabu Geusan Ulun.

Museum ini mempunyai 6 ruangan utama yang terdiri dari Bumi Kaler, Gedung Srimanganti, Gedung Gendeng, Gedung Gamelan, Gedung Pusaka dan Gedung Kereta. Dulu, gedung Museum ini merupakan rumah dari para Bupati, namun seiring perkembangan zaman gedung ini dijadikan Museum yang berisi benda-benda bersejarah Sumedang. ***Diskominfosanditik Sumedang/red

Leave a Reply