Kota Tasikmalaya, analisaglobal.com — Perayaan ulang tahun yang seharusnya menjadi momen yang sangat berharga dan bergembira baik bagi yang merayakan ataupun tamu undangan yang turut hadir pada acara ulang tahun tersebut, akan tetapi beda hal nya dengan yang terjadi di kampung Cilangge Kelurahan Karikil Kota Tasikmalaya malah malapetaka yang datang, sebanyak 120 orang keracunan masal diduga sehabis makan nasi uduk, korban yang di dominasi anak – anak Langsung di larikan ke Puskesmas Mangkubumi, di jalan cigatang Mangkubumi kota Tasikmalaya. Kamis (08/10/20).

Kronologi Keracunan massal ini berawal dari acara Ulang Tahun yang di selenggarakan oleh warga Kampung Cilangge Kelurahan Karikil, Kota Tasikmalaya, korban yang keracunan massal ±120 orang yang didominasi anak dan ibu Rumah tangga. Korban mengalami pusing, mual, muntah, buang air besar, dan demam bahkan ada juga yang kejang-kejang.

Babinsa/TNI dari Kodim 0612 Tasikmalaya membantu evakuasi pasien diduga keracunan Nasi Uduk. Kamis (08/10/20). Foto Dokumen (Ani/Heni)

Dibantu Babinsa dari Koramil 1203/Kawalu Kodim 0612 Tasikmalaya, Kepolisian, puskesmas Mangkubumi menyiapkan ruangan untuk pasien keracunan dikarenakan ruangan di puskesmas penuh, sehingga sekolah dasar puspasari di jadikan tempat untuk pasien keracunan.

Menurut Didin perwakilan dari puskesmas Mangkubumi menegaskan sekitar dari pukul 10.00 WIB pagi sampai sekarang pasien terus berdatangan, sudah ±100 orang yang di bawa ke puskesmas Mangkubumi dan yang kritis 4 orang di rujuk ke Rumah Sakit Dr Sukarjo, dan ada pula yang di rujuk ke Rumah Sakit TMC Kota Tasikmalaya sebanyak 4 orang, kebanyakan pasien anak anak.”tegasnya

Pasien diduga keracunan dilarikan ke puskemas Cigantang dan ke Rumah Sakit. Kamis (08/10/20) Foto Dokumen (Ani/Heni)

Dilain pihak menurut Endang salah satu dari pihak keluarga korban menuturkan cucu nya yang bernama (Apid, Apan usia 7,11 tahun) menghadiri acara tersebut. mereka memakan nasi uduk ( santan Kara) cucu nya merasakan gejala setelah beberapa jam memakan nasi uduk.”tuturnya***Ani/Heni

Leave a Reply