Kab. Tasikmalaya, analisaglobal.com — Masih dalam rangkaian memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-75, warga Kampung Ciluncat Desa Darmasari Kecamatan Cineam Kabupaten Tasikmalaya, menyelenggarakan paggelaran kesenian khas Sunda yaitu Kuda Lumping dan ebleg pada hari Sabtu, (22/8/2020)

Kulturasi seni kuda lumping dan ebleg ini, bisa terlihat dari sesi-sesi pertunjukan, misalnya saat melantunkan lagu pembuka pertunjukan Ebleg, lagu yang dibawakan adalah kawih (lagu) Sunda. Selain itu saat sesi pemain memerankan adegan – adegan jenaka, mereka akan berinteraksi dengan bahasa Sunda.

Pemain Kuda Lumping & Ebleg Saat Memainkan Perannya Masing – Masing Dengan Tingkah Jenaka. Sabtu (22/08/2020)**Foto Doc : (A/H)

Menurut Oma selaku ketua padepokan Derma putra saluyu mengatakan diadakannya acara ini mudah-mudahan kedepannya bisa melestarikan dan ada penerus untuk memajukan kebudayaan kesenian khas Sunda khususnya Kuda Lumping, sebagai tuan rumah padepokan Derma Putra Saluyu mengundang padepokan – padepokan dari luar Desa Darmasari untuk ikut serta memeriahkan acara ini,”Ucapnya

“Masyarakat pun terlihat sangat antusias sekali dengan adanya hiburan ini, dan para warga di sekitar acara bisa berjualan untuk menambah pendapatan dan penghasilan, bahkan penonton juga tidak saja dari desa setempat tetapi dari luar desa juga banyak”. Pungkasnya***(A/H)

Leave a Reply