Kabupaten Ciamis, analisaglobal.com — Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum mengapresiasi atas keberhasilannya seorang anggota Polri Aiptu Andi Siswanto, Kanit Reskrim Polsek Cipaku dalam mengembangkan Bioteknologi di bidang pertanian, perikanan dan peternakan.

Pasalnya, bidang pertanian, perikanan dan peternakan di Jawa Barat perlu terobosan baru untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Untuk itu, Uu mengapresiasi atas temuan Bioteknologi dibawah binaan Among Karsa Pembudidaya Peternak Nasional (AKPPN) di lokasi kediaman Aiptu Andi Siswanto, Desa Baregbeg, Kecamatan Baregbeg, Kab. Ciamis, Jawa Barat. Senin (05/07/2021).

“Ini yang sangat saya butuhkan, kita tidak melihat Polisinya tapi juga dia ada sebuah karya yang luar biasa. Polisi berkarya, abdi negara dan juga beliau punya inovasi dalam pertanian,” ucap Uu Ruzhanul Ulum

“Catat : sehebat apapun teknologi, komputernya hebat, bangunan menjulang tinggi, masyarakat tidak makan besi beton, masyarakat tidak, masyarakat tidak makan handphone, tapi masyarakat makan hasil,” tambahnya.

Uu mengatakan, keberhasilan suatu daerah tidak terlepas dari kontribusi semua pihak. Seperti halnya Andi Siswanto memiliki inovasi untuk membantu ekonomi masyarakat.

“Jika Ciamis menjadi maju maka Jawa Barat pun akan kebawa maju, Jawa Barat maju maka masyarakatnya akan sejahtera,” imbuhnya.

Ketika berkeliling melihat kandang ayam milik Aiptu Andi Siswanto, Uu Ruzhanul Ulum mengatakan melihat salah satu kandang ayam yang memang berbeda dengan yang lain, bedanya kandang ayam tapi tidak bau.

“Kenapa tidak bau ? Karena makanannya dikasih makanan organik sehingga ayamnya bagus, telornya juga berbeda dengan yang lain dan juga beda segalanya termasuk di kandangnya tidak bau,” kata Uu

Sementara itu, penemu Bioteknologi sekaligus ketua AKPPN Jabar, Aiptu Andi Siswanto mengatakan, ayam di kasih pakan yang sudah di permentasi dari konsentrat ditambah jagung yang sudah direbus dan juga minumannya dikasih probiotik buatan saya sendiri jadi hasilnya lebih bagus.

“Probiotik nya buatan saya sendiri dari bahan-bahan seperti rempah-rempah, keong mas dan microba sehingga biaya pakan menjadi murah, sehat dan ramah lingkungan,” kata Andi Siswanto.

AKPPN Jabar adalah suatu wadah perkumpulan yang bergerak di bidang pertanian, peternakan dan perikanan, dimana AKPPN sendiri di ketuai oleh penemu Bioteknologi Aiptu Andi Siswanto yang membantu anggotanya dan masyarakat untuk memberikan pembinaan.

Jurnalis : A Yayat H/ Goez

Leave a Reply