Kabupaten Ciamis, analisaglobal.com — Para penggiat wisata dan Kades se-Kabupaten Ciamis ikuti kegiatan rutinan Silaturahmi Pokdarwis se-Kab. Ciamis yang digelar di Wisata Pasir Jati Ground Hills berlokasi di Desa Wisata Sidamulih, Pamarican pada hari Sabtu dan Minggu, 9 – 10 Oktober 2021.

Kegiatan rutinan Silaturahmi Pokdarwis yang ke-4 kali ini di hadiri oleh Wagub Jabar, Uu Ruzhanul Ulum.

Uu Ruzhanul Ulum dalam sambutannya menyampaikan kegiatan silaturahmi Pokdarwis ini adalah salah satu daya dorong untuk suksesnya sadar wisata Jawa Barat. Dimana Pemprov Jabar sedang gencarnya mempromosikan potensi Jabar baik bersumber daya alam berupa laut, berupa tambang, perikanan dan yang lainnya termasuk didalamnya potensi tentang adanya wisata yang ada di Desa-desa.

“Karena dengan adanya potensi di Desa ketika kita angkat dan dimanfaatkan maka Insya Allah akan mampu meratanya pendapatan masyarakat dan meningkatnya pendapatan masyarakat yang ada di daerah,” ujarnya.

Karena memang desa wisata ada di daerah, maka dengan potensi wisatanya di kembangkan akan dengan sendirinya pengunjung datang bawa duit, jajan dan disitu terjadi peningkatan daya beli masyarakat.

“Oleh karena itu, saya ucapkan terimakasih kepada penggerak wisata Kabupaten Ciamis beserta karang tarunanya yang sudah mendorong suksesnya sadar wisata Jawa Barat dengan kegiatan kali ini. Kami yakin dengan kegiatan seperti ini berdampak manfaat akan mendapatkan kemaslahatan untuk Jawa Barat itu sendiri”, jelas Uu Ruzhanul Ulum.

Uu berharap kepada kepala Desa, potensi yang ada di Desa bisa dikembangkan dan jika perlu fasilitas-fasilitas pendukungnya di tambah. Untuk pembangunan sadar wisata yang ada di Desa-desa apalagi Desanya yang sudah di SK kan oleh pak Bupati ataupun Walikota maka Pemprov pun bisa memberikan bantuan dengan sarana-sarana yang di butuhkan sesuai kemampuan.

Akan tetapi ini semua butuh perhatian bukan hanya Pemprov sendiri tapi masyarakat pun harus mendorong sadar wisata yang ada di daerahnya.

“Saya berharap dengan kegiatan hari ini tidak hanya satu kali tetapi harus ada kegiatan-kegiatan lain dan juga para penggerak sadar wisata Kabupaten Ciamis saya ucapkan terimakasih yang sudah menggerakkan masyarakat untuk berwisata. Bukan hanya di daerah ini tapi di daerah lain jika ada potensi wisata maka di situ dikembangkannya,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Pokdarwis Kabupaten Ciamis, Eko Andriyanto menyampaikan dalam kegiatan silaturahmi Pokdarwis adalah sebagai upaya untuk meningkatkan sadar wisata di Kab. Ciamis melalui sosialisasi tentang Pokdarwis dan Desa Wisata.

“Setiap awal bulan selalu diadakan kegiatan rutin dengan cara memilih Desa Wisata dan Destinasi yang telah terdaftar dan sudah berlegalitas dari Dinas Pariwisata. Dalam upaya untuk memberikan edukasi dan bersosialisasi yang akan meningkatkan uforia dan menumbuhkan SDM sebagai tata kelola pemberdayaan perekonomian masyarakat melalui pariwisata”,

Eko Andriyanto menjelaskan acara silaturahmi Pokdarwis ini dihadiri oleh 61 pengurus/pengelola Pokdarwis se-Kabupaten Ciamis dari 146 destinasi wisata embrio, 46 destinasi rintisan dan 22 wisata berkembang yang di hadiri oleh 36 Kades.

“Rasa bangga dan penuh kebahagiaan kepada Wakil Gubernur Jawa Barat yang telah menghadiri kegiatan rutin acara silaturahmi Pokdarwis se-Kabupaten Ciamis kali ini”, pungkasnya.

Jurnalis : A.Yayat/A. Suryana

Leave a Reply