Kabupaten Tasikmalaya, analisaglobal.com — Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tasikmalaya akan segera melaksanakan asesmen kompetensi bagi guru, kepala, dan pengawas madrasah. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tasikmalaya berpesan agar guru, kepala, dan pengawas madrasah mempersiapkan diri untuk mengikuti asesmen.

“Pelaksanaan asismen bagi para Pengawas, Kepala dan Guru Madrasah insyaalloh akan dilaksanakan pada awal bulan. November 2020. Akan dilaksanakan terlebih dahulu kegiatan sosialisasi dan saya berpesan agar terus belajar, terutama dalam memahami literasi digital,” ujar Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tasikmalaya Drs. H. Usep Saepudin Muhtar, M.Pd saat memimpin aple pagi senin di halaman kantor Kementerian Agama Kabupaten Tasikmalaya. Senin (19/10/20).

Hasil asesmen juga akan menjadi dasar untuk melakukan pertimbangan dalam strategi pembinaan karir bagi guru dan tenaga kependidikan madrasah, pelaksanaan asesmen kompetensi ini harus dilakukan secara totalitas, agar hasilnya lebih terarah dan mampu merumuskan serta mengurangi permasalahan kompetensi yang selama ini dihadapi oleh guru dan tenaga didik di madrasah.

“Hasil asismen tersebut sangat positif untuk kepentingan masing-masing guru pengawas dan kepala madrasah.” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah H. Surya Mulyana, M.Ag berharap, pelaksanakaan asesmen kompetensi berdampak pada pemetaan sekaligus peningkatan kompetensi guru, kepala, dan pengawas madrasah.

Surya menjelaskan bahwa ada beberapa indikator peningkatan kompetensi yang berbasis asesmen, yaitu: peningkatan kompetensi perencanaan (planning ability), integritas (integrity), manajemen tata kelola (well-organised), penguatan yang berkelanjutan (continuous empowerment), dan rasional (rational).

“Dalam program asesmen kompetensi ini diharapkan mampu membenahi kualitas leadership, sekaligus mengembangkan jiwa entrepreneur guru, kepala, dan pengawas madrasah.Kualitas leadership yang baik adalah ketika mereka mampu memperlihatkan visi dan misi yang berkualitas, serta mampu menunjukkan arah yang baik kepada peserta didiknya maupun para binaannya,” katanya.***red

Sumber : Humas Kemenag Kabupaten Tasikmalaya

Leave a Reply