Kabupaten Ciamis, analisaglobal.com –Untuk meningkatkan pemahaman tentang Pokdarwis, Kabid Destinasi Kabupaten Ciamis, di fasilitasi oleh Pemdes Sagalaherang lakukan sosialisasi dan musyawarah Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Datar Gandul, Selasa, 8 Juni 2021.

Pokdarwis yang mengembangkan desa wisata di harapkan harus bekerjasama dengan BUMDes untuk mempermudah dalam pembiayaan pengembangan wisata itu sendiri. Sehingga nantinya desa wisata yang di kelola oleh Pokdarwis akan menjadi salah satu unit usaha milik BUMDes.

“Tidak boleh dilepaskan kerjasama dengan BUMDes dimana nantinya akan menjadi salah satu PADes,” ujar Dian Kusdiana S.IP.MM, Kabid Destinasi Kabupaten Ciamis.

Lebih lanjut, pemerintah desa harus bisa bersinergi dengan Pokdarwis atau pengelola desa wisata yang di sebut “Sinergitas Desa Wisata”, oleh karena itu saya mengharapkan pemdes Sagalaherang bisa bersinergi dengan pengelola desa wisata.

“Mudah-mudahan semua pemangku kebijakan di desa Sagalaherang bisa bersinergi dengan pengelola desa wisata, karena desa wisata adalah penjabaran dari pemberdayaan masyarakat,” tambahnya.

Selanjutnya, saya sedang menjalankan komunikasi dengan agent travel pariwisata Internasional untuk mempromosikan tempat wisata yang ada di Ciamis, salah satu sementara yang kami di promosikan adalah wisata Situ Lengkong Panjalu.

“Mudah-mudahan desa wisata Pesona Datar Gandul yang ada di Desa Sagalaherang kedepannya bisa masuk ke program promosi kami,” jelasnya.

Kades Sagalaherang, Latif Yutra Sutarman mengatakan Pemdes Sagalagaherang sangat mendukung untuk pengembangan desa wisata Datar Gandul. Karena desa wisata Datar Gandul berawal dari gagasan Pemdes sendiri sehingga pengembangan desa wisata Datar Gandul akan jadi prioritas pembangunan di desa Sagalaherang.

“Awalnya ide pemdes Sagalaherang memiliki pembanguan prioritas dalam mengembangkan desa wisata,” ujarnya.

Kami berharap kedepannya, dari desa wisata yang akan dikembangakan menjadi salah satu PADes Sagalaherang. Oleh karena itu diperlukan kekompakan dan kebersamaan yang sinergis antara Pokdarwis dan Pemdes Sagalaherang

“Mudah-mudahan kedepannya bisa menjadi salahsatu PADes Sagalaherang dan menjadi pendongkrak pembangunan Desa Sagalaherang. Pungkasnya.***A.Yayat H/Goez

Leave a Reply